Kerumunan di Lapangan Merdeka Medan Dibubar Paksa

0
104

MEDAN, kaldera.id- Petugas Satpol PP Kota Medan membubarkan secara paksa kerumunan warga yang merayakan malam tahun baru 2021 di sekitaran Lapangan Merdeka, Medan.

Seperti diketahui Lapangan Merdeka ditutup sementara untuk warga demi menghindari terjadinya kerumunan saat perayaan tahun baru.

Pantauan kaldera.id, petugas terlihat menyisir sekitaran Lapangan Merdeka dan mengimbau warga yang datang untuk kembali ke rumah masing-masing. Terlihat juga beberapa anak muda menghidupkan kembang api. Hal itu pun langsung diperintahkan untuk diberhentikan oleh petugas.

“Mulai 21.00 WIB silahkan balik, kalian di rumah biarkan kami yang bekerja. Kalian dirumah untuk kami,” kata Sekretaris Satpol-PP Kota Medan, Rakhmat kepada warga di sekitar Lapangan Merdeka, Kamis (31/12/2020) malam.

Rakhmat menyebut pembubaran itu sudah sesuai dengan edaran gubernur dan walikota. Namun, ia sangat menyayangkan masih ada saja warga yang tak mengindahkan himbauan itu.

“Kan sudah kita larang secara keseluruhan. Disaat pandemi sekarang protokol kesehatan sesuai dengan edaran11 agubernur dan walikota, pukul 21.00 WIB semua kegiatan harus kita hentikan. Makanya kita tetap lakukan, kita juga sudah umumkan lapangan merdeka tutup untuk semua kegiatan. Tapi tetap saja ada masyarakat yang masih coba-coba. Jadi ini yang kita lakukan,” ujarnya.

Selain di Lapangan Merdeka, petugas juga melakukan patroli ke sejumlah tempat di Kota Medan yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

“Keseluruhan kota, jadi kegiatan operasional seperti jasa operasional, rumah makan ,hiburan termasuk juga kerumunan masyarakat. Ini yang kita tidak mau, bahwa pandemi masih juga berlangsung. Kita tidak mau ada klaster baru,” pungkasnya. (finta rahyuni)