Tekad Abdul Hafiz Harahap Merawat Al-Washliyah Medan

Abdul Hafiz Harahap, M.I.Kom, menjadi salah satu sosok yang digadang menjadi pimpinan ormas Islam terbesar di Sumatera Utara
Abdul Hafiz Harahap, M.I.Kom, menjadi salah satu sosok yang digadang menjadi pimpinan ormas Islam terbesar di Sumatera Utara

MEDAN, kaldera.id – PD Al Washliyah Kota Medan akan menggelar musyawarah daerah beberapa hari ke depan. Abdul Hafiz Harahap, M.I.Kom, menjadi salah satu sosok yang digadang menjadi pimpinan ormas Islam terbesar di Sumatera Utara itu.

“Al-Washliyah ini sudah besar, sudah maju, tidak banyak organisasi yang bisa bertahan di usia 90 tahun, jika Allah izinkan saya harus memimpin Al-Washliyah Medan, maka saya akan merawat organisasi ini,” ujar Abdul Hafiz Harahap membuka pembicaraannya kepada kaldera.id, Rabu (3/2/2021).

Hafiz, sapaan akrabnya, mengatakan, jika nantinya ditakdirkan menjadi Pimpinan Daerah (PD) Al-Washliyah Medan, ia melakukan banyak hal bagi organisasi tersebut. Diketahui, Hafiz saat ini adalah Bendahara PW Al-Washliyah Sumatera Utara

Meski turun secara kewilayahan, Hafiz mengaku ingin maju menjadi Ketua PD Al-Washliyah Medan karena adanya ruang dan peluang untuk bisa menuangkan gagasan, ide kreatif ke dalam organisasi.

“Tentu saya mendapat dukungan juga dari keluarga besar Al Washliyah di Medan. Makanya kami mendaftar untuk menjadi Ketua Al-Washliyah Medan, sehingga nantinya bisa menuangkan gagasan, dan ide kreatif,” ucapnya.

Selain itu, Hafiz ingin nantinya Al-Washliyah lebih memprioritaskan pendidikan, dakwah, dan amal sosial yang menjadi pokok dalam organisasi ini.

“Ada masyarakat yang butuh perhatian dari sisi pendidikan, sosial, sandang dan pangan. Al-Washiliyah harus hadir di tengah-tengah umat ini untuk membantu saudara-saudara kita yang sesama muslim,” harapnya.

Lebih dekat dengan Abdul Hafiz Harahap

Abdul Hafiz Harahap lahir pada tahun 1975, Beliau menempuh pendidikan dengan berkuliah S1 di Universitas Sumatera Utara dan UNIVA Medan. Kemudian, S2 di Universitas Padjadjaran Bandung, dan hingga kini masih berstatus Mahasiswa S3 di UINSU.

“Umur saya saat ini sudah memasuki 46 tahun, saya kuliah S1 di USU dan UNIVA, S2 Di Universitas Padjadjaran, kemudian hingga kini saya masih berstatus Mahasiswa S3 di UINSU yang saat ini sedang menyusun disertasi,” imbuh adik dari almarhum KH Abdul Halim Harahap (Anggota DPD RI 2004-2009) ini.

Selain menjadi Bendahara Al-Washliyah Sumut, beliau merupakan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Universitas Sumatera Utara, Ketua Badan Kemakmuran Musholah (BKM), dan pengelola Madrasah Al-Washliyah. (mustivan mahardhika)