Tumpukan Sampah di Aliran Sungai Deli Segera Diatasi

Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution saat meninjau Sungai Deli beberapa waktu lalu
Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution saat meninjau Sungai Deli beberapa waktu lalu

MEDAN, kaldera.id – Kebersihan merupakan satu dari lima program prioritas Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution. Tidak hanya sampah di lingkungan pemukiman, tapi juga sampah yang mengotori sungai menjadi perhatian orang nomor satu di Pemko Medan itu.

“Tidak hanya di lingkungan, sampah yang membuat kotor sungai dan memberi sumbangan atas penyempitan sungai juga harus dibersihkan,” tegasnya, Jumat (9/4/2021).

Atas instruksi Wali Kota Medan Bobby Nasution, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan langsung bergerak untuk mencari solusi masalah sampah di Sungai Deli.

Hal itu dijelaskan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Muhammad Husni. Mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada tumpukan sampah di Sungai Deli, pihaknya langsung berkoordinasi dengan para camat di daerah yang dilalui Sungai Deli.

Untuk memastikan lokasi tumpukan sampah itu, saat ini sedang melakukan pemetaan. Terlebih kebersihan kota menjadi perhatian utama Bobby Nasution.

“Kami sudah turunkan tim untuk memetakan puluhan tumpukan sampah. Kita akan pastikan dengan langsung melihatnya dan berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti camat, BWS dan instansi terkait. Intinya kita respon untuk mencari jalan keluar menyelesaikannya,” kata Husni.

Husni menyayangkan sikap masyarakat yang belum sadar akan kebersihan lingkungan dan sungai. Bahwa sampah yang berada di sungai adalah sampah yang dibuang sembarangan oleh sebagian masyarakat. Oleh karena itu Husni berharap agar masyarakat juga turut serta menjaga kebersihan lingkungan.

“Sungai bukan tempat sampah. Itu akan terus kita sosialisasikan dengan mengaktifkan perangkat P3SU. Sampah di sungai itu kan sampah liar bukan yang tak kita angkat, karena sampah di pemukiman terus kita angkut ke tempatnya. Saya harapkan sekali masyarakat juga bantu menjaga kebersihan,” tambahnya.

Untuk penanganannya, secara teknis pihaknya akan berkoordinasi intens dengan beberapa dinas untuk menyelesaikan masalah sampah di Sungai Deli.

“Semua pasti bisa diatasi. Saat ini tim sudah bergerak, korcam sudah dibentuk dan sedang memetakan dari informasi yang beredar. Nanti kita akan kolaborasi dengan PU, BLH dan P3SU tadi juga,” pungkasnya. (reza)