Pemko Kolaborasi Dengan MUI Tingkatkan Perekonomian Melalui Masjid Mandiri

Pemko Medan mengajak MUI Kota Medan berkolaborasi memberdayakan dan meningkatkan perekonomian umat melalui masjid mandiri.
Pemko Medan mengajak MUI Kota Medan berkolaborasi memberdayakan dan meningkatkan perekonomian umat melalui masjid mandiri.

MEDAN, kaldera.id – Pemko Medan mengajak MUI Kota Medan berkolaborasi memberdayakan dan meningkatkan perekonomian umat melalui masjid mandiri.

Pemko Medan juga berkomitmen melahirkan satu tahfiz Qur’an disetiap masjid. Hal ini disampaikan Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution diwakili Wakil Walikota Medan, Aulia Rachman ketika menghadiri pengukuhan dan ta’aruf Dewan Pimpinan MUI Kota Medan masa khidmat 2021 -2026 di Aula Kantor MUI Kota Medan, Jalan Nusantara, Kecamatan Medan Kota, Senin (12/4/2021).

Menurutnya, dalam mewujudkan visi misi Kota Medan harus berkolaborasi dengan seluruh pihak termasuk MUI.
Pemko Medan, MUI dan Dewan Masjid dapat duduk bersama mewujudkan program tersebut. “Menjadikan masjid sebagai kontrol sosial dan dedikasi bagi generasi muda serta menjadi satu pelindung perekonomian umat di Kota Medan,” ucapnya.

Dia menilai, MUI Kota Medan memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas keamanan umat di Kota Medan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat. Apalagi saat ini kondisi disetiap wilayah Indonesia banyak yang berbau unsur agama. Artinya, informasi yang tidak baik dan berkembang di masyarakat dapat di counter MUI Kota Medan agar tidak terjadi perpecahan antar umat agama.

“Medan merupakan miniatur Indonesia. Sehingga jika ada informasi yang dapat menimbulkan pergesekan di tengah masyarakat, MUI Kota Medan memiliki peran penting dalam menjaga keamanan kota,” tambahnya.

Dia juga berharap MUI Kota Medan dapat berkolaborasi dengan Pemko Medan terkait dengan surat menyurat masjid. Hal ini bertujuan agar keberadaan masjid dapat terdata dan legalitasnya terjaga.

Sementara itu, Ketua MUI Kota Medan, Hasan Matsum mengungkapkan, sebagai mitra Pemko Medan, MUI Kota Medan siap melakukan kolaborasi untuk mewujudkan visi misi Kota Medan

“Salah satu program yang akan dikolaborasikan MUI Kota Medan dan Pemko Medan adalah memberdayakan ekonomi umat melalui masjid mandiri. Sehingga dengan demikian masyarakat kurang mampu yang disekitar masjid perlahan-lahan ekonominya akan bangkit,” jelasnya.(reza)