Hindari Kerumunan, Takbiran Dilakukan Dari Masjid

Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution
Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution

MEDAN, kaldera.id – Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution mengingatkan agar umat muslim di Kota Medan melaksanakan takbiran dari masjid -masjid di lingkungan masing-masing.

Tidak harus melakukan konvoi atau beramai – ramai. Selain itu, dirinya juga menghimbau pelaksanaan takbiran dan ShalatbIdul Fitri tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Hal ini disampaikannya saat melakukan Safari Ramadan di Masjid Perjuangan 45, Jalan H.M. Yamin, Kelurahan Sei Kera Hilir II, Kecamatan Medan Perjuangan, Selasa (4/5/2021).

“Jumlah masjid di Medan ada 1.115. Ini artinya, ada 1115 titik lokasi takbiran dan Salat Id di Medan,” ungkapnya.

BACA JUGA :  KCW Ditutup Sementara, Pemkot Medan Lakukan Evaluasi

Dia juga berharap, pengurus masjid mengajak jamaah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam menunaikan ibadah. Penerapan protokol kesehatan ini merupakan salah satu ikhtiar untuk mencegah penularan Covid-19.

Kejadian di negara sahabat India dapat menjadi pelajaran. Penambahan kasus Covid-19 di negara tersebut bisa mencapai 300 ribu per hari. Salah satu penyebabnya adalah kegiatan keagamaan. i

“Saya tidak ingin ibadah umat muslim saat Ramadan dan silaturrahim 1 Syawal dikatakan memicu peningkatan kasus Covid-19. Untuk itu protokol kesehatan tetap dijalankan dalam pelaksanaan ibadah,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga menuturkan, pandemi Covid-19 telah memukul perekonomian umat, terutama mereka yang bekerja harian. Dalam hal ini, masjid juga dapat berperan untuk memulihkan perekonomian umat.(reza)