Prof Syahrin: Waisak Momentum Kepedulian dan Moderasi Agama-agama

Prof Dr Syahrin Harahap, MA
Prof Dr Syahrin Harahap, MA

MEDAN – Peringatan Hari Trisuci Waisak 2565 TB yang dirayakan umat Buddha 26 Mei 2021, direspon Prof Dr Syahrin Harahap, MA. Sebagai pakar Studi Agama-agama, Syahrin berharap momentum ini meningkatkan kepedulian dan kesadaran moderasi beragama.

“Peringatan Waisak perlu dimanfaatkan umat Buddha meningkatkan kesadaran pencerahan jiwa dan kepedulian pada sesama. Waisak adalah hari yang sempurna untuk amal, perayaan, membantu orang lain,” kata Syahrin saat ditanya wartawan perihal Peringatan Hari Trisuci Waisak, Rabu (26/5/2021).

Menurutnya, pada saat yang sama peringatan Waisak juga perlu juga dijadikan meningkatkan kesadaran moderasi beragama di kalangan umat Buddha.

Senada dengan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, Syahrin berharap, umat Buddha selalu memiliki pikiran, ucapan, dan perilaku damai sebagai wujud nyata cahaya kebenaran dalam meningkatkan kualitas beragama dan kerukunan antarsesama.

“Semangat Waisak dan nilai-nilai luhurnya juga harus dijadikan sebagai spirit untuk bangkit dan bersatu,” kata Syahrin yang saat ini menjabat sebagai Rektor UIN Sumatera Utara ini.(rel/red)