Prestasi di Tingkat Nasional Menurun, USU Tuan Rumah PIMNAS

Universitas Sumatera Utara (USU) menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke -34 Tahun 2021.
Universitas Sumatera Utara (USU) menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke -34 Tahun 2021.

MEDAN, kaldera.id – Universitas Sumatera Utara (USU) menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke -34 Tahun 2021.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan kemampuan akademik mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan ilmiah dan mutu karya ilmiah.

Rektor USU, Muryanto Amin mengungkapkan, menjadi tuan rumah pelaksanaan PIMNAS bukan merupakan kebanggaan bagi USU. Akan tetapi perhelatan ini dapat menjadi stimulus bagi mahasiswa USU. Sebab, ada keinginan untuk membangkitkan kembali prestasi mahasiswa di tingkat nasional.

“Saat ini prestasi USU di tingkat nasional sedang menurun. Oleh karenanya kami menawarkan diri untuk menjadi tuan rumah PIMNAS ke -34 dengan harapan prestasi USU dapat meningkat. Selain itu, juga meningkatkan lagi kemampuan para dosen dalam riset dan kegiatan ilmiah,” ungkapnya saat kegiatan Persentase Calon Tuan Rumah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional di Fakultas Ilmu Komunikasi USU, Sabtu (28/5/2021).

Menurut Muryanto Amin, Dalam PIMNAS nantinya akan diikuti 3.000 lebih mahasiswa dari seluruh Indonesia secara virtual. Sekitar 100 orang Juri akan hadir langsung ke Kota Medan, khususnya ke USU untuk menilai PIMNAS ke -34. Untuk itu diperlukan dukungan semua pihak termasuk Pemko Medan agar USU menjadi tuan rumah pelaksanaan PIMNAS ke -34.

Pemko Medan sendiri sangat mendukung kegiatan ini. Sebab, kegiatan ini sangat penting untuk mengukur daya kreativitas ilmiah mahasiswa. Hal ini disampaikan Walikota Medan, Muhammad Bobby Nasution.

Bobi menjelaskan, perhelatan PIMNAS bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan akademik mahasiswa dalam mengembangkan komunikasi ilmiah. Selain itu juga memacu dan membudayakan Kreativitas serta penalaran dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

“Saya berharap Pelaksanaan PIMNAS ini nantinya dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam pengembangan IPTEK, mengembangkan kemampuan dan mutu karya ilmiah mahasiswa. Selain itu juga menjadi ajang latihan bagi generasi muda untuk tampil pada forum ilmiah serta dapat mengembangkan wawasan dan meningkatkan kedewasaan akademik mahasiswa,” ucapnya. (reza)