Rektor UINSU Dorong PTKIS dan Pemda Kolaborasi

Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) yang juga Koordinator Kopertais Wilayah IX, Prof Dr Syahrin Harahap, MA, mengingatkan agar kualitas perguruan tinggi keagamaan swasta (PTKS) ditingkatkan dan kolaborasi dengan pemerintah daerah.
Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) yang juga Koordinator Kopertais Wilayah IX, Prof Dr Syahrin Harahap, MA, mengingatkan agar kualitas perguruan tinggi keagamaan swasta (PTKS) ditingkatkan dan kolaborasi dengan pemerintah daerah.

BINJAI, kaldera.id – Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) yang juga Koordinator Kopertais Wilayah IX, Prof Dr Syahrin Harahap, MA, mengingatkan agar kualitas perguruan tinggi keagamaan Islam swasta (PTKIS) ditingkatkan dan kolaborasi dengan pemerintah daerah.

“Selain sistem pendidikan, kualitas pembelajaran, riset dan pengabdian diperkuat dengan mendorong kualifikasi dosen yang mumpuni hingga terlahir Guru Besar dari PTKIS, termasuk STAIS Al Ishlahiyah. Kemudian saya berharap Yayasan dan Pimpinan PT harus mendorong sarana prasarana yang semakin baik dari waktu ke waktu sesuai tuntutan perguruan tinggi modern,” kata Syahrin saat menghadiri wisuda sarjana ke XXI STAIS Syekh H Abdul Halim Hasan Al Ishlahiyah Binjai, Rabu (2/6/2021).

Dalam kesempatan tersebut Prof. Syahrin Harahap mengajak agar para stakeholder ikut serta memajukan pendidikan tinggi islam di Kota Binjai dengan memberikan perhatian secara khusus. Ada kolaborasi dan kerjasama yang simultan.

“Saya berharap Pemko Binjai dibawah Walikota Binjai, Bapak Amir Hamzah memberikan perhatian khusus pada pendidikan tinggi Islam sebagai legacy (warisan) untuk dunia pendidikan kota yang dikenal sejak dulu sebagai Kota Pelajar ini,” ujarnya.

Hidupkan Remaja Masjid

Rektor juga mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas gelar akademik yang telah diraih. “Teruslah berkiprah secara positif di tengah masyarakat,” pesannya.

BACA JUGA :  Kolaborasi Pendidikan, Mahasiswa Ikom UINSU Pelatihan Desain di Polimedia Kreatif

Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memulai dari lingkungan sekitar dan tempat tinggal. “Kita bisa mulai dengan membangun, menghidupkan dan membina remaja masjid di tempat kalian tinggal”, ujar Prof Syahrin.

Sementara Ketua STAI Syekh H Abdul Halim Hasan Al Ishlahiyah Binjai, Junaidi, SS, SPd, M.Si, mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan arahan Rektor UINSU yang juga Koordinator Kopertais Wilayah IX Prof Dr Syahrin Harahap, MA.

Junaidi juga menjelaskan bahwa STAI Al Ishlahiyah Binjai terus mengembangkan kampus sesuai dengan tuntutan pendidikan tinggi. “Fasilitas teknologi dimaksimalkan mulai tahun ajaran 2020/2021 lewat sejumlah aplikasi. Semua bisa diakses lewat website secara terbuka oleh masyarakat,” ujarnya.

Ketua Yayasan Al Ishlahiyah Binjai, Putri Susi Melani Daulay juga mengungkapkan apresiasi pada Rektor UINSU. Kata dia, STAIS Al Ishlahiyah Binjai berkomitmen tinggi pada pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan pengelolaan kampus yang akuntabel.

“Penambahan jumlah prodi, dan target menjadi Institut pada 2025 dan universitas di 2030 harus diiringi dengan komitmen yang kuat dari pengelola,” kata Putri yang juga Anggota DPRD Sumut ini.(rel/red)