Gubsu Segera Panggil Kadisdik Sumut Soal Permasalahan PPDB Online

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi

MEDAN, kaldera.id- Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi segera memanggil Kepala Dinas Pendidikan Sumut Syaifuddin terkait permasalahan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang banyak dikeluhkan oleh pendaftar yang akan masuk ke SMAN di Sumut.

“Nanti segera saya cek, akan segera dipanggil,” kata Edy di rumah dinasnya Jalan Jenderal Sudirman Medan, Rabu (9/6/2021).

Edy mengatakan pemanggilan ini untuk memberikan evaluasi kepada Dinas Pendidikan, sehingga proses PPDB online di Sumut tidak semakin buruk.

“Abis itu kita evaluasi, kita perbaiki,” ujar Mantan Pangkostrad itu.

Diketahui sebelumnya, sejumlah pendaftar mengeluhkan website PPDB yang seringkali mengalami gangguan.

Dalam kerusakan tersebut, terdapat sejumlah kendala dalam pengisian data base dan penempatan wilayah. Seperti, pilihan awalnya SMA Negeri 1, namun yang muncul SMA Pantai Labu. Dalam website juga tidak tertera pilihan jalur, afirmasi, zonasi, prestasi dan lainnya.

Pada PPDB online 2021 untuk SMAN di Sumut dibuka mulai 7 Juni hingga 9 Juni 2021 melalui tiga jalur yakni jalur prestasi, afirmasi, dan perpindahan tugas orang tua/wali.

Kemudian pada 13 Juni hingga 16 Juni 2021, akan dibuka pendaftaran melalui Jalur Zonasi.

Sedangkan untuk SMKN melalui jalur yakni jalur prestasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali dan jalur zonasi akan dibuka pada 20 Juni hingga 23 Juni 2021. Serta pengumuman peserta yang lulus pada 27 Juni 2021. (finta rahyuni)