Desa di Deli Serdang Terpilih sebagai Desa Wisata Indonesia 2021

Menteri Parekraf Sandiaga Uno didampingi Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan saat mengunjungi Desa Wisata Indonesia 2021 di Kecamatan Pantai Labu.
Menteri Parekraf Sandiaga Uno didampingi Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan saat mengunjungi Desa Wisata Indonesia 2021 di Kecamatan Pantai Labu.

Deli Serdang – Desa Denai Lama di Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, terpilih sebagai salah satu Desa Wisata Indonesia 2021 yang merupakan program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Desa wisata ini adalah program yang akan kami dukung, karena desa wisata seperti Desa Wisata Denai Lama ini akan meningkatkan keterampilan masyarakat untuk menghadapi pariwisata era baru yaitu pariwisata yang lebih berkualitas dan berkelanjutan,” ujar Menteri Parekraf Sandiaga Uno saat berkunjung ke Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Deli Serdang, Rabu (9/6/2021).

Sandiaga Uno menilai, keunggulan Desa Wisata Denai Lama selain pasarnya adalah wisata edukasi. Sebab disitu terdapat kafe baca yang menyuguhkan sensasi kuliner sambil belajar.

“Yang paling menarik dari pariwisata Denai Lama adalah fokus di wisata edukasi. Tadi kita lihat Kafe Baca, juga ada kearifan-kearifan lokal,” tuturnya.

Ia pun berharap agar Desa Wisata Denai Lama dapat menginspirasi masyarakat Indonesia untuk bangkit di masa pandemi ini. “Kita mulai dari desa wisata dan harapannya agar kita sama-sama bergandengan tangan, karena pandemi ini menghadirkan kebersamaan kita,” katanya.

Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan mengatakan, tak hanya beragam kearifan lokal, modal utama yang dimiliki Deli Serdang adalah lokasi yang sangat geografis. Sebab Deli Serdang menjadi gerbang masuk Indonesia bagian barat melalui Bandara Internasional Kualanamu.

“Mudah-mudahan pada saatnya wisatawan mancanegara datang ke Sumut, kami berharap kami yang di Deli Serdang ini juga memperoleh manfaatnya,” ungkapnya. (Andi Nasution)