Yasir Ridho Lengser dari Wakil Ketua DPRD Sumut

Ketua Fraksi Golkar DPRD Sumatera Utara (Sumut) Irham Buana
Ketua Fraksi Golkar DPRD Sumatera Utara (Sumut) Irham Buana

MEDAN, kaldera.id- Ahmad Yasir Ridho Lubis secara resmi diganti dari posisi Wakil Ketua DPRD Sumut untuk sisa jabatan 2019-2024. Posisi itu kini diambil alih oleh Ketua Fraksi Golkar DPRD Sumatera Utara (Sumut) Irham Buana.

Pergantian Yasir ke Irham itu disampaikan Sekretaris DPRD Sumut Afifi Lubis saat rapat paripurna DPRD Sumut tentang Pengumuman dan Penetapan Pengganti Wakil Ketua DPRD Sumut dari Fraksi Golkar sisa jabatan 2019-2024, Kamis (24/6/2021).

“Memberhentikan saudara Ahmad Yasir Ridho Lubis sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumut sisa masa jabatan 2019-2024,” kata Afifi.

Keputusan itu berlaku sejak tanggal penetapan yaitu 24 Juni 2021. Pergantian itu kemudian akan diusulkan ke Kementerian dalam Negeri melalui Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Irham Buana saat diwawancarai wartawan mengatakan bahwa pergantian itu merupakan keputusan dari DPP dan DPD Partai Golkar.

“Itu kebijakan partai, partai lah yang memutuskan, kalau kita melaksanakan putusan partai aja,” ujar Irham singkat.

Sementara itu, Baskami Ginting juga mengatakan sebagai pimpinan dewan ia tidak bisa menghalang-halangi apa yang menjadi putusan Partai Golkar terkait pergantian ini.

“Inikan pengusulan Golkar, tidak ada lagi pertimbangan dari kita, itu hak golkar mengusulkan. Tadi pas Paripurna semua setuju,” kata Baskami. (finta rahyuni)