Al Washliyah – Kejari Medan Siap Edukasi Kepala Sekolah

Ketua Pimpinan Daerah Al Jam'iyatul Washliyah Kota A. Hafiz Harahap menegaskan untuk membangun penegakan hukum yang kuat, harus ada sinergitas antara aparat penegak hukum dengan masyarakat.
Ketua Pimpinan Daerah Al Jam'iyatul Washliyah Kota A. Hafiz Harahap menegaskan untuk membangun penegakan hukum yang kuat, harus ada sinergitas antara aparat penegak hukum dengan masyarakat.

MEDAN, kaldera.id – Ketua Pimpinan Daerah Al Jam’iyatul Washliyah Kota A. Hafiz Harahap menegaskan untuk membangun penegakan hukum yang kuat, harus ada sinergitas antara aparat penegak hukum dengan masyarakat.

Hal itu disampaikan A. Hafiz Harahap saat melakukan silaturahim dengan Kepala Kejaksaan Negeri Medan, Selasa (6/7/2021) di kantor Kejari Medan Jl. H.M. Said Medan.

Selain sinergitas, menurut Hafiz Harahap edukasi hukum juga bagian penting untuk membangun kesadaran masyarakat agar taat hukum.

“Edukasi tentang hukum penting, karena itu Al Washliyah Kota Medan akan membangun MoU dengan Kejari Medan dalam rangka memberikan edukasi kepada seluruh Kepada Sekolah Al Washliyah di Kota Medan,” jelasnya.

Selain itu, pada kesempatan itu, Hafiz Harahap juga menyampaikan sejarah Al Washliyah yang pertama kali didirikan di Kota Medan. Cikal bakalnya bermula dari didirikannya Maktab Tapanuli di kawasan Masjid Bengkok Jalan Masjid Kel. Kesawan Medan.

Saat itu kata Hafiz Harahap, Al Washliyah hadir sebagai wasilah atau washol atas munculnya dua kutub paham di tengah-tengah masyarakat. Seiring waktu Maktab Tapanuli sebagai Debating Club kaum milenial pada zaman itu, semakin berkembang. Lalu para anak muda itu, meminta kepada mufti Kesultanan Deli untuk diberikan nama kelompok diskusi yang mereka bangun, hingga akhirnya sang mufti memberikan nama Al Jam’iyatul Washliyah.

“Secara singkat begitulah sejarah Al Washliyah, ujar Hafiz.

Sementara itu, Kepala Kejari Medan Teuku Rahmatsyah didampingi Kasi Intel Kejari Medan Bondan Subrata, mengatakan menyambut baik silaturahim dan gagasan edukasi hukum yang disampaikan Al Washliyah Medan.

Menurut Rahmatsyah, Kejari Medan memiliki beberapa program yang dikerjasamakan dengan berbagai organisasi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran hukum.

“Kita sangat menyambut baik setiap upaya membangun kesadaran hukum. Hukum selain ditegakkan juga harus mendatangkan manfaat,” jelasnya.

Pada kesempatan itu Rahmatsyah juga meminta Al Washliyah untuk saling mengingatkan dalam kebaikan. “Jika ada oknum jaksa yang ‘nakal’ jangan sungkan untuk menyampaikan kepada kami. Penegak hukum harus sampaikan yang benar itu katakan benar, yang salah itu katakan salah,” ujarnya.

Di sela-sela silaturahmi tersebut, Ketua PD Al Washliyah Medan juga menyampaikan undangan pelantikan pengurus dan menyerahkan plakat sebagai bentuk hubungan baik antara Al Washliyah dan Kejari Medan.

Diakhiri acara dilakukan doa bersama yang dibawakan oleh Mursal Harahap.

Turut hadir pada acara itu Bendaraha PD Al Washliyah Medan Fachroel Rozi, Wakil Ketua Mulia Syahputra Nasution, Wakil Sekretaris Irwansyah dan M. Fadhilah.(rel/red)