Pertama Kali di Sumut, Tionghoa Muslim Jadi Bupati Labusel

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) melantik pasangan Edimin-Ahmad Padly Tanjung sebagai Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan (Labusel) di Aula Tengku Rizal Nurdin Jalan Jenderal Sudirman Medan, Kamis (22/7/2021).
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) melantik pasangan Edimin-Ahmad Padly Tanjung sebagai Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan (Labusel) di Aula Tengku Rizal Nurdin Jalan Jenderal Sudirman Medan, Kamis (22/7/2021).

MEDAN, kaldera.id- Gubernur Sumatera Utara (Sumut) melantik pasangan Edimin-Ahmad Padly Tanjung sebagai Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan (Labusel) di Aula Tengku Rizal Nurdin Jalan Jenderal Sudirman Medan, Kamis (22/7/2021).

Selain Bupati/Wakil bupati Labusel, Gubernur juga melantik Bupati/Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina).

Edimin atau yang akrab disapa Asiong ini merupakan putra kelahiran Tanjung Medan, Sumut. Ia adalah seorang Pengusaha sekaligus Politisi keturunan Tiongkok yang Terpilih sebagai Bupati Labusel berpasangan dengan Ahmad Padly Tanjung. Mereka diusung 2 partai yaitu PDIP dan PKPI.

Edimin juga sebelumnya pernah menjadi Anggota DPRD Kabupaten Labuhan Batu Selatan periode 2014-2016 dan 2019-2020 dari fraksi partai Hanura.

Edy Rahmayadi dalam sambutannya meminta Edimin- Ahmad Padly untuk segera melakukan konsolidasi dengan Organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di Labusel.

Termasuk, kata Edy terkait penyerapan anggaran di Labusel yang menduduki peringkat paling rendah diantara kab/kota lainnya.

“Ini segera kembali lakukan penyerapan secara maksimal mudah-mudahan akan bergerak ini semua. Ini akan berjalan apabila dijalankan. Kemarin tidak berjalan karena semua sibuk memikirkan politik di daerah tersebut,” kata Edy.

Sementara itu, pasangan Edimin-Ahmad Padly mengatakan akan berupaya bekerja maksimal dalam merealisasikan serapan anggaran.

“itu beban sama kita. kita berharap kepada jajaran kita nanti lebih bagus ke depan. (kita) punya kekurangan dan kelebihan. kekurangan ini akan diperbaiki,” ujarnya usai dilantik.

Selain itu, mereka juga mengatakan akan memprioritaskan perbaikan di bidang kesehatan dan infrastruktur jalan dalam 100 hari pertama kepemimpinan mereka.

“100 hari kerja ke depan Insya Allah kita akan memperbaiki terutama bidang kesehatan dan infrastruktur jalan,” kata Edimin.

Pasangan Edimin-Ahmad Padly berhasil memenangkan Pilkada Labusel tahun 2020 pada 9 Desember. Kemenangan ini tak tergoyahkan meski 16 TPS melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) atas perintah MK.

Berdasarkan penetapan KPU Labusel pasca PSU, pasangan nomor urut 1 Nurdin Siregar-Husni Rizal Siregar meraih 8.121 suara, lalu pasangan nomor urut 2 H Edimin-Ahmad Padli Tanjung meraih 65.793 suara sementara pasangan Hasnah Harahap-Kholil Jufri Harahap meraih 65.422 suara. Lalu pasangan Mangayat Jago Ritonga-Jon Abidin Ritonga meraih 11.056 suara, serta pasangan Maslin Pulungan-Fery Andika Dalimunthe meraih 4.730 suara.

Hasil rekapitulasi ini sempat digugat kembali ke MK oleh Hasnah-Kholil, namun MK menolak gugatan itu dan mengesahkan penetapan hasil oleh KPU. (finta rahyuni)