KKN UIN Sumut di Langkat: Pembangunan Keumatan hingga Tanam 1.000 Pohon

Tim Monitoring KKN UIN Sumut bersama mahasiswa KKN dan Camat Padang Tualang, Ramlan Effendi.
Tim Monitoring KKN UIN Sumut bersama mahasiswa KKN dan Camat Padang Tualang, Ramlan Effendi.

LANGKAT, kaldera.id – Ribuan mahasiswa UIN Sumatera Utara saat ini masih menjalani kuliah kerja nyata (KKN) di sejumlah kabupaten/kota di Sumut hingga 10 Agustus 2021. Keberadaan mereka disebut memberikan dampak positif di masyarakat.

Dalam kunjungan kerja, Selasa, 3 Agustus 2021, Tim Monitoring KKN UIN Sumut untuk Kabupaten Langkat, Indira Fatra Deni Peranginangin, MA; Zuhriah MA; dan Fakhrur Rozi, M.I.Kom menemukan respon positif dari masyarakat Langkat.

“Kami menyambut baik kehadiran anak-anak UIN Sumut KKN di Kec Padang Tualang yakni di Desa Tanjung Putus dan Desa Jati Sari,” kata Camat Padang Tualang, Ramlan Effendi SE.

Dia mengatakan, berbagai kegiatan program kerja KKN yang dibangun mahasiswa UIN Sumut menjadi motivasi terutama untuk kalangan muda di Padang Tualang.

“Kegiatan festival anak soleh, pendidikan dan pengajaran ke anak-anak, termasuk sosialisasi protokol kesehatan ke masyarakat juga membantu kami menekan penyebaran Covid-19 di Langkat,” kata Ramlan.

Kelompok 196 KKN DR Terukur
Desa Tanjung Putus, Padang Tualang, Langkat, dengan Ketua Kelompok Lukman Assaid, menambahkan, pihaknya tetap berusaha menjalankan protokol kesehatan dalam kegiatan di masyarakat.

“Alhamdulillah, Pak Kades Tanjung Putus dan masyarakat juga menerima kehadiran kami dengan baik. Relatif tidak ada kendala di lapangan,” bebernya.

Tim Monitoring KKN UIN Sumut kemudian bergerak ke Kecamatan Hinai. Di sini, Kelompok KKN 199 berada di Desa Batu Melenggang. Mereka mendapatkan posko berupa Pos Kesehatan Desa yang dipinjamkan oleh Kepala Desa setempat.

Tim Monitoring KKN UIN Sumut bersama Sekdes Batu Melenggang, Kec Hinai dan mahasiswa KKN
Tim Monitoring KKN UIN Sumut bersama Sekdes Batu Melenggang, Kec Hinai dan mahasiswa KKN

“Di sini kelompok KKN melakukan penanaman 1.000 pohon buah bersama Wakil Bupati Langkat Syah Afandin. Desa ini punya target sebagai penghasil buah,” kata Tim Monitoring, Indira Fatra Deni.

Selanjutnya, Tim Monitoring juga menemui Kelompok KKN 195 di Desa Suka Maju, Kec Tanjung Pura, Kab Langkat. Kelompok yang dibimbing Dr Muhammad Furqan, M.Comp ini juga berhasil berkolaborasi dengan masyarakat dengan baik.

“Kegiatan Festival Anak Soleh diikuti antusias oleh masyarakat dan didukung pemerintah desa setempat. Diharapkan ini mendorong pembangunan keumatan dari desa,” ujar Tim Monitoring lainnya, Fakhrur Rozi, M.I.Kom.

Sementara dalam kesempatan terakhir, Tim Monitoring juga berkunjung ke Kelompok KKN di Kecamatan Gebang tepatnya di Desa Kwala Gebang. “Lokasinya cukup jauh. Kami berterimakasih mahasiswa UIN Sumut menjadikan desa ini sebagai lokasi KKN,” kata Kasie PMP Kecamatan Gebang, Kusmano, S.Sos didampingi Zuhriah, MA dari Tim Monitoring KKN UIN Sumut.(efri surbakti)