5.806 Rumah di Batubara Terendam Banjir

Curah hujan yang sedang hingga tinggi sejak 15 Agustus sampai 17 Agustus 2021 mengakibatkan ribuan rumah warga di Kabupaten Batubara terendam banjir.
Curah hujan yang sedang hingga tinggi sejak 15 Agustus sampai 17 Agustus 2021 mengakibatkan ribuan rumah warga di Kabupaten Batubara terendam banjir.

MEDAN, kaldera.id- Curah hujan yang sedang hingga tinggi sejak 15 Agustus sampai 17 Agustus 2021 mengakibatkan ribuan rumah warga di Kabupaten Batubara terendam banjir.

Dari data pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batubara yang dirilis, Rabu (18/8/2021), total ada 5.806 rumah warga di 31 desa dan 4 kecamatan yang terendam.

Keempat kecamatan itu yakni Kecamatan Sei Balai, Kecamatan Nibung Hangus, Kecamatan Datuk Tanah Datar dan Kecamatan Talawi.

“Rumah yang terdampak 5.806 unit rumah,” kata Plt Kepala BPBD kabupaten Batubara M Sa’ban Effendi Harahap dalam keterangan tertulisnya.

Sa’ban mengatakan, selain karena curah hujan yang tinggi, banjir juga berasal dari banjir kiriman dari wilayah hulu Kabupaten Asahan. Hingga saat ini, sejumlah titik banjir terpantau mulai surut sedangkan beberapa lokasi lainnya tetap naik.

Atas kejadian ini, lanjut Sa’ban perlu dilakukan perbaikan tanggul serta aliran dan normalisasi sungai untuk mengantisipasi banjir serupa terjadinya.

“Korban bencana alam banjir juga memerlukan bantuan sosial berupa bantuan kebutuhan dasar maupun bahan-bahan lainnya dari pemerintah,” sebutnya. (finta rahyuni)