Sampah TPA Terjun jadi Pupuk, Pemko Medan Serahkan ke Pengelola

Pemko Medan siap mendukung perusahaan yang ingin mengelolah sampah di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Terjun yang berlokasi di Kecamatan Medan Marelan.
Pemko Medan siap mendukung perusahaan yang ingin mengelolah sampah di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Terjun yang berlokasi di Kecamatan Medan Marelan.

MEDAN, kaldera.id – Pemko Medan siap mendukung perusahaan yang ingin mengelolah sampah di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Terjun yang berlokasi di Kecamatan Medan Marelan. Bahkan Pemko Medan menyerahkan seluruh keuntungan yang diperoleh dari pengelolaan sampah kepada pihak pengelola.

Hal tersebut disampaikan Walikota Medan, Bobby Nasution yang diwakili Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman saat memimpin rapat pembahasan rencana kerjasama pengelolaan sampah dengan metode bioteknologi alfimer antara Pemko Medan dengan One Biosys Sdn.Bhd&Group di Kantor Walikota Medan, Rabu (25/8/2021).

Wiriya menjelaskan, Pemko Medan hanya ingin sampah di TPA Terjun dapat dihilangkan seluruhnya. Untuk itu pemko sangat mendukung apabila ada perusahaan yang ingin mengelola.

“Pemko Medan hanya ingin agar sampah di kota Medan ini bisa hilang. Kalaupun sampah tersebut dapat dikelola menjadi energi ataupun memiliki nilai ekonomi itu merupakan nilai tambah. Kami hanya ingin menyelesaikan masalah sampah ini, terserah perusahaan mau menjadikan apa sampah tersebut dan keuntungan dari pengelolaan sampah itu boleh diambil semua,” katanya.

Sementara itu, Pimpinan One Biosys Sdn.Bhd&Group, M Yani memaparkan, sejak dilaunching 3 Juli lalu, pihaknya sudah melakukan penambangan sampah TPA dan menanggulangi sampah yang baru masuk dengan menggunakan metode bioteknologi alfimer.

“Kami sudah mengolah sampah yang ada di TPA Terjun menjadi pupuk. Pengelolaan dengan sistem ini membutuhkan waktu yang lebih cepat, efisien, murah serta ramah lingkungan,” ucapnya. Bahkan, mereka siap mengelola sampah yang ada di TPS liar kedepannya.(reza)