Bagian Dari Penataan Kesawan, Lapangan Merdeka Bakal Direvitalisasi

Walikota Medan, Bobby Nasution dan Wakil Walikota Medan, Aulia Rachman
Walikota Medan, Bobby Nasution dan Wakil Walikota Medan, Aulia Rachman

MEDAN, kaldera.id – Pemko Medan saat ini tengah melakukan perencanaan revitalisasi Lapangan Merdeka. Lapangan bersejarah itu merupakan bagian dari penataan kawasan Kesawan.

Walikota Medan, Bobby Nasution mengatakan, revitalisasi ini diharapkan menciptakan keterhubungan antara kawasan Kesawan, Lapangan Merdeka, dan Stasiun Kereta Api.

Selain itu, Lapangan Merdeka menjadi lebih bermanfaat. “Diharapkan persoalan parkir di kawasan tersebut terpecahkan. Tentunya dengan membangun tempat parkir terpusat di bawah tanah,” ungkap Bobby ketika paparan desain revitalisasi Lapangan Merdeka oleh Hartono Architect di Ruang Rapat I, Kantor Walikota Medan, Selasa (14/9/2021).

BACA JUGA :  Masih Jauh Dari Target, Jumlah Pelajar di Medan Baru Divaksin 4.000 Lebih

Suhardi Hartono dari Hartono Architect memaparkan, pendekatan yang akan dilakukan dalam revitalisasi ini adalah history urban landscape. Sedangkan konsep utamanya adalah pelestarian ruang kota bersejarah dan konteks dinimika rancang kota kontemporer.

Di samping itu, revitalisasi ini mempertahankan signifikansi sejarah dan karakter Lapangan Merdeka, termasuk mempertahankan keberadaan pohon-pohon tua yang ada di kawasan itu. Dalam revitalisasi ini juga dirancang pembangunan tempat parkir bawah tanah.(reza)