Revitalisasi Lapangan Merdeka, Pemprovsu Janji Bantu Rp100 M

Walikota Medan, Bobby Nasution berbincang dengan Gubsu, Edy Rahmayadi usai rapat koordinasi di Aula T Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubsu, Senin (20/9/2021)
Walikota Medan, Bobby Nasution berbincang dengan Gubsu, Edy Rahmayadi usai rapat koordinasi di Aula T Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubsu, Senin (20/9/2021)

MEDAN, kaldera.id – Gubsu, Edy Rahmayadi memerintahkan Kepala Bappeda Sumut untuk membantu Pemko Medan sebesar Rp100 miliar untuk revitalisasi Lapangan Merdeka.

“Pak Kepala Bappeda berikan sama pemko Rp100 miliar untuk revitalisasi Lapangan Merdeka. Cari aturannya biar bisa diberikan sama mereka,” ungkap Edy saat memimpin rapat koordinasi dengan beberapa bupati /walikota di Aula T Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubsu, Senin (20/9/2021).

Dalam pertemuan itu, Bobby Nasution menjelaskan sejumlah proyek yang akan segera dibangun di Kota Medan. Yang terdekat adalah revitalisasi Lapangan Merdeka Medan.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah normalisasi Sungai Bendera, Deli dan Babura untuk mencegah banjir.

untuk revitalisasi Lapangan Merdeka menjadi lebih bagus, dibutuhkan anggaran sebesar Rp174 miliar. Gubsu Edy Rahmayadi dengan jelas sangat mendukung rencana revitalisasi Lapangan Merdeka tersebut.

Utamanya karena dalam semangat revitalisasi itu, Lapangan Merdeka akan dikembalikan menjadi ruang terbuka hijau.

Bobby juga menjelaskan, proses tender dilakukan tender akhir tahun. Sehingga awal Januari 2022 pelaksanaan revitalisasi Lapangan Merdeka bisa dilaksanakan.

Sedangkan untuk penanggulangan banjir, dibutuhkan anggaran yang tak sedikit. Untuk normalisasi Sungai Bedera butuh dana sebesar Rp71,8 miliar. Sedangkan untuk pembebasan lahan di sekitar Sungai Babura butuh dana Rp1,3 triliun. Sedangkan untuk pembenahan Sungai Deli butuh uang sebesar Rp180 miliar lebih.

Maka itu, dibutuhkan koordinasi yang maksimal antara Kota Medan dengan Deliserdang hingga Binjai yang dijembatani pemprovsu.

Kepala Bappeda Medan ,Benny Iskandar pun menyambut baik bantuan yang akan diberikan pemprovsu.

“Sejauh ini Pak Wali sudah sering berkoordinasi dengan Dirjen di kementerian terkait. Mulai dari BWS hingga Kabupaten Deliserdang. Dengan adanya bantuan dari pemprovsu akan lebih baik dan mempercepat pelaksanaan revitalisasi dan normalisasi sungai,” kata Benny.

“Jadi kita akan tunggu realisasi bantuan itu sambil terus berkoordinasi dengan OPD Pemprovsu,” pungkasnya.(reza)