Gubsu: Saya Tidak Mengira, Perolehan Medali Sangat Buruk

Sumatera Utara, Letnan Jendral (Purn) Edy Rahmayadi, mengunjungi daerah penyelenggara PON Papua Klaster Merauke, guna melihat atlet Sumut yang mengikuti olahraga gulat dan catur. Seperti diketahui kedua cabor ini paling terakhir dilaksanakan.
Sumatera Utara, Letnan Jendral (Purn) Edy Rahmayadi, mengunjungi daerah penyelenggara PON Papua Klaster Merauke, guna melihat atlet Sumut yang mengikuti olahraga gulat dan catur. Seperti diketahui kedua cabor ini paling terakhir dilaksanakan.

MERAUKE, – Gubernur Sumatera Utara, Letnan Jendela (Purn) Edy Rahmayadi, mengunjungi daerah penyelenggara PON Papua Klaster Merauke, guna melihat atlet Sumut yang mengikuti olahraga gulat dan catur. Seperti diketahui kedua cabor ini paling terakhir dilaksanakan.

“Saya mau lihat atlet saya yang bertanding di gulat dan catur, sekaligus mengunjungi kampung saya karena pernah dinas di sini. Saya berharap 2024 bisa menjadi provinsi Papua Selatan,” ungkap Edy Rahmayadi di Media Center PON XX Papua Klaster Merauke, Rabu (13/10/2021), seperti dilansir situs resmi PON XX 2021 Papua.

Dalam kesempatan itu, Edy juga menyinggung perolehan medali Sumut. Ia tidak mengira kalau Sumut berada di posisi 14 dalam perolehan medali emas PON Papua. Berada diluar dari 10 besar ini dirinya merasa penting untuk melakukan evaluasi dengan pihak KONI Sumut, Dispora, dan pihak terkait di wilayah yang dipimpinnya.

“Saya tidak mengira juga, Sumut perolehannya sangat buruk. Ini cambuk bagi Sumut dan kami akan perbaiki agar bisa masuk di lima besar di PON XXI tahun 2024 nanti,” tegas Edy.

Selain digelar di Sumut, PON XXI juga akan digelar di Aceh, namun untuk Provinsi Sumut sendiri harus punya persiapan yang lebih baik dari Papua. Dan Sumut harus bisa masuk lima besar pada PON mendatang.

Edy Rahmayadi mengakui prestasi Papua bisa masuk posisi lima besar sebagai tuan rumah. Namun ia mengingatkan, bahwa boleh berbangga tetapi jangan sampai lengah dan tidak mempersiapkan lagi untuk PON XXI.

“Saya berharap Papua dengan masuk di ranking lima ini, pertahankan di 2024. Jangan lengah agar tidak terjadi penurunan,” imbuhnya.

Lebih dari itu, ia menginginkan pembangunan Papua dan rakyatnya lebih didorong dari semua sektor. Menurutnya, olahraga memotivasi kesejahteraan rakyat. Terutama dukungan infrastruktur, pendidikan dan kesehatan. Sebab, kemajuan daerah didukung oleh kesehatan dan kecerdasan SDMnya.

“Ini yang harus kita tempuh untuk Indonesia ini. Pendidikan, kesehatan harus ditingkatkan. Saya yakin dan percaya Provinsi Papua akan membesarkan Papua dengan pembangunan yang baik,” ujarnya.

Kesan Edy Rahmayadi terhadap PON di Merauke, baginya infra struktur yang harus ditinggakatkan, akomodasi, kondisi atlet harus prima dan semua kegiatan yang dilakukan lebih optimal dan berjalan maksimal. Baginya, kesiapan venue, akomodasi dan pelayanan menggambarkan pembangunan suatu daerah. (reza sahab)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!