Perbanyak Sekolah Predikat Adiwiyata, DLH Incar Penghargaan Dari Presiden

Kadis Lingkungan Hidup Kota Medan, Zulfansyah Ali Saputra
Kadis Lingkungan Hidup Kota Medan, Zulfansyah Ali Saputra

MEDAN, kaldera.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Medan akan berupaya memperbanyak sekolah berpredikat adiwiyata. Untuk merealisasikan hal tersebut, DLH akan berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Medan.

Kepala DLH Medan, Zulfansyah Ali Saputra menjelaskan, apabila setengah dari sekolah yang berada dibawah naungan Pemko Medan berpredikat adiwiyata, maka hal tersebut cukup baik.

Dijelaskannya, jumlah sekolah negeri dan swasta mulai tingkat SD, Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTS) sampai SMP mencapai 1.440.

“Dari jumlah itu baru 385 sekolah yang berpredikat adiwiyata atau sekolah berwawasan lingkungan. Jumlah itu akan kita genjot lagi tahun ini. Syarat mendapat penghargaan dari Presiden 50 persen dari jumlah sekolah mendapat predikat adiwiyata,” kata Zulfansyah, Jumat (15/10).

Tahun ini, menurut Zulfansyah, ada 48 sekolah yang akan diusulkan mendapatkan predikat adiwiyata. “Insya Allah 21 Oktober penyerahan piagamnya ke sekolah-sekolah yang diberikan Bapak Walikota Medan,” tuturnya.

Agar sekolah mendapat predikat Adiwiyata, maka sekolah tersebut berwawasan lingkungan. Zulfansyah mencontohkan tempat sampah, ada pemisahan sampah organik dan anorganik. Selanjutnya kamar mandi, dan penghijauan di sekolah.

“Memang ada beberapa kriteria penilaian. Kalau dari kami nanti bantu penyediaan tong sampah. DLH akan mensupervisi sekolah agar mendapat predikat tersebut,” pungkasnya.(reza)