Bobby Minta Revitalisasi Danau Siombak, BWS II Paparkan Langkah Atasi Masalah

Walikota Medan, Bobby Nasution ketika menggelar pertemuan dengan BWS II Sumatera terkait revitalisasi Danau Siombak, Kamis (18/11/2021)
Walikota Medan, Bobby Nasution ketika menggelar pertemuan dengan BWS II Sumatera terkait revitalisasi Danau Siombak, Kamis (18/11/2021)

MEDAN, kaldera.id – Walikota Medan, Bobby Nasution melakukan pertemuan dengan Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II, Maman Noprayamin guna membahas rencana revitalisasi kawasan Danau Siombak di Kecamatan Medan Marelan di Kantor BWS Sumatera II, Jalan AH Nasution, Medan Johor, Kamis (18/11/2021).

Dalam pertemuan tersebut, Bobby Nasution mengungkapkan, keberadaan Danau Siombak memiliki banyak potensi yang dapat dimanfaatkan, salah satunya sebagai penampungan air. Potensi ini sangat baik untuk mengatasi permasalahan banjir di Medan.

Untuk itu dia berharap revitalisasi Danau Siombak ini masuk kedalam program kerja BWS Sumatera II. Sehingga dapat membantu masyarakat Medan terhindar dari masalah banjir.

“Kami ingin di tahun depan ada perbaikan di Danau Siombak dan kami dari Pemko Medan siap mendukung pengerjaan yang akan dilakukan BWS Sumatera II,” ungkap Bobby.

BACA JUGA :  Ditinjau Bobby, Banjir di Selayang Akibat Sendimentasi

BWS Sumatera II sendiri telah memetakan permasalahan dan rencana teknis dari revitalisasi Danau Siombak. Permasalahan yang telah dipetakan yakni, banjir rob dan kenaikan muka air laut. Kemudian sampah, kualitas air, dan sendimentasi.

Untuk mengatasi ke empat permasalahan tersebut, BWS Sumatera II mengusulkan agar di bangun pintu air ataupun tanggul untuk mengatasi banjir. Kemudian terkait permasalahan kualitas air dikakukan Water Treatment Plant (WTP) dan edukasi terhadap masyarakat untuk menjaga kualitas air.

Selanjutnya untuk mengatasi permasalahan sampah BWS Sumatera II mengusulkan dibangun Trash Rack dan edukasi terhadap masyarakat sekitar agar tidak membuang sampah sembarangan. Sedangkan untuk mengatasi permasalahan sendimentasi diusulkan dengan cara sendiment trap.(reza)