Sumut Siapkan Rp50 Miliar, 2022 Cari Bakat Atlet

Ketum Pengprov FAJI Sumut Soekirman bersama Gubsu Edy Rahmayadi usai rakor cabor di Gubernuran, Jumat (21/1/2022).
Ketum Pengprov FAJI Sumut Soekirman bersama Gubsu Edy Rahmayadi usai rakor cabor di Gubernuran, Jumat (21/1/2022).

MEDAN, kaldera.id – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi sudah menyiapkan Rp50 miliar di APBD 2022 sebagai modal awal pencarian atlet berbakat (talent scouting) menghadapi PON 2024. Pengprov Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Sumut pun menyambut baik langkah itu.

Gubsu Edy meminta cabang olahraga (cabor) diminta menyiapkan rencana dan metode dalam waktu dua bulan.

“Anggaran 2022 sudah ada Rp50 miliar. Saya perintahkan talent scouting. Saya tidak mau prestasi semu,” kata Edy dalam rapat koordinasi KONI dan Pengurus Provinsi Cabor di Aula T Rizal Nurdin, Jumat (21/1/2021).

Edy menegaskan PON 2024 merupakan pesta olahraga yang harus dimanfaatkan Sumut meraih prestasi mengharumkan daerah dengan potensi putra daerah. “Saya minta pengprov cabor turun ke daerah, cari atlet kita untuk PON,” ujarnya.

Mantan Pangkostrad ini mencontohkan upaya pencarian bakat atlet saat ia menjadi Ketum PSSI. Kata dia, Bagas Kahfi dan Bagus Kahfi merupakan pemain bola yang diambil dari lapangan kiyam. “Itu contohnya. Bapak ibu pengprov pasti tahu maksud saya,” bebernya.

Menurut Edy, prestasi olahraga dengan pembinaan sejak dini adalah jawaban yang dibutuhkan Sumut untuk kembali dikenal sebagai gudang atlet. Dia mengaku, sudah ada pihak (atlet) dari Pulau Jawa yang menghubunginya dan siap membela Sumut di PON 2024.

BACA JUGA :  14 Dinas dan Badan Pemprov Sumut Digabung jadi 7

“Dia pastikan dia dapat emas. Tapi dia minta 1 medali emas Rp5 miliar. Lalu 1 Perak Rp2,5 miliar. Ini saya tak mau. Ini namanya prestasi semu. Pembinaan tak ada? Itu semu,” tukasnya.

Saat ini, kata Edy, anggaran sudah disiapkan meskipun tidak banyak. Maka itu dia minta pengprov cabor membuat program, siapkan metodenya. “Pengprov ajukan ke KONI, nanti dipelajari. Tiga bulan dari sini, harus jalan. Di September 2022 sudah ada progres. Kalau tak cukup duitnya, cari sendiri. Saya akan ambil alih ini. Untuk olahraga kita harus Merah-Putih, tak boleh warna lain,” ujarnya.

FAJI Sumut Apresiasi Rakor

Ketum Pengprov FAJI Sumut, Ir H Soekirman, yang hadir dalam rakor itu mengapresiasi langkah Gubsu. “Rakor ini membuat kita punya motivasi. FAJI Sumut punya target 5 emas di PON 2024. Tadi sudah disampaikan langsung ke Gubsu,” tukasnya.

Soekirman mengatakan, selain memaksimalkan atlet yang sudah dibina FAJI Sumut bersama FAJI kab/kota, pihaknya akan melakukan roadshow di 17 kab/kota di Sumut untuk mencari bibit atlet tambahan. “Perencanaan akan segera diajukan ke KONI. Komitmen bersama untuk kemajuan olahraga Sumut,” pungkasnya.(efri surbakti/red)