Site icon Kaldera.id

Rektor Pastikan Masuk UIN Sumut Tanpa Testing bagi Juara 1 Setiap Bidang MTQ ke 38

Ketum Panitia MTQ ke 38 Provinsi Sumut yang juga Rektor UIN Sumut, Prof Dr Syahrin Harahap (dua dari kanan) saat rapat koordinasi panitia, Sabtu (26/3/2022).

Ketum Panitia MTQ ke 38 Provinsi Sumut yang juga Rektor UIN Sumut, Prof Dr Syahrin Harahap (dua dari kanan) saat rapat koordinasi panitia, Sabtu (26/3/2022).

MEDAN, kaldera.id – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara (Sumut) yang juga Ketua Umum Panitia MTQ ke-38 Tingkat Provinsi Sumut Prof Dr Syahrin Harahap MA menjanjikan akan memberikan hadiah khusus kepada pemenang MTQ kali ini.

“Pemenang 1 bidang Tahfiz akan masuk UIN Sumut tanpa testing, kemudian diberikan beasiswa selama delapan semester. Sedangkan pemenang pertama bidang lainnya diberikan hadiah masuk UIN Sumut tanpa testing,” kata Prof Syahrin, Sabtu (26/3/2022).

Pemberian hadiah khusus itu, menurut Prof Syahrin, sebagai bukti dan perhatian UIN Sumut terhadap pengembangan MTQ di daerah ini. Sebab, Prof. Syahrin menilai, selama 10 tahun belakangan ini, sekolah atau studi Alquran semakin berkembang pesat.

“Salah satu hasilnya adalah mengikuti MTQ,” ujarnya.

Hasil yang lainnya adalah meningkatnya kualitas MTQ dalam segala bidang. Makanya, seiring dengan itu, Program Studi Alquran pun ikut meningkat mulai S1 sampai S3. “ Ya, mudah-mudahan ke depannya, jauh lebih bagus lagi,“ tambah Prof. Syahrin.

Pantauan wartawan pada hari ke enam pelaksanaan MTQ ke-38 ini, pengunjung semakin ramai. Selain masyarakat Medan, warga luar kota banyak yang datang khusus untuk mendengarkan lantunan ayat-payat Alquran yang dibacakan qari-qari terbaik dari Sumatera Utara ini.

“Kami datang, khusus untuk menyaksikan MTQ ini, “ kata Muzdalifah bersama temannya yang datang dari kota Tanjung Balai.(efri/red)

Exit mobile version