Anggota Komisi XI: BI Perlu Fokuskan Literasi Digitalisasi Pembayaran

0
6
Kantor BI
Kantor BI

JAKARTA, kaldera.id- Anggota komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu mendorong Bank Indonesia untuk melakukan melakukan sosialisasi literasi digital. Hal ini disampaikannya dengan alasan untuk mendukung akselerasi digitalisasi termasuk digitalisasi sistem pembayaran yang telah dilakukan dilakukan oleh Bank Indonesia.

“Ini sebetulnya membutuhkan keamanan, selain kita bicara masalah infrastruktur ini, tetapi tidak kalah penting adalah digital literasi. Jadi ini mungkin suatu keseimbangan yang belum saya lihat dalam rencana kerja. Karena tidak cukup hanya dengan infrastruktur saja tetapi digital literasi sangat penting,” ungkap Gus Irawan Pasaribu, anggota Komisi XI DPR RI, Selasa (22/3/2022).

Pada kesempatan yang sama, anggota DPR RI Dapil Sumut ini juga mencontohkan adanya gap terhadap literasi digital di masyarakat termasuk di bidang keuangan digital. Menurut Gus Irawan, banyak masyarakat yang menggunakan produk keuangan digital, namun tidak memiliki kemampuan yang mumpuni sehingga terjebak pada masalah-masalah terutama yang terkait dengan pinjaman online.

“Ya contohnya yang sekarang ribut dengan ketidaktahuan masyarakat kita, sehingga dengan mudah datanya itu bisa diambil segala macam, karena mereka klik semua itu saat pinjaman online,” tuturnya.(arn/rel)