Kesehatan Masyarakat Prioritas Utama, Afandin Ingin Vaksinasi Capai 70% di Ramadhan ini

Plt Bupati Langkat, Syah Afandin saat memimpin rapat koordinasi peningkatan pencapaian vaksinasi di Kantor Bupati Langkat, Senin (4/4/2022)
Plt Bupati Langkat, Syah Afandin saat memimpin rapat koordinasi peningkatan pencapaian vaksinasi di Kantor Bupati Langkat, Senin (4/4/2022)

LANGKAT, kaldera.id- Plt Bupati Langkat, Syah Afandin menegaskan, ksehatan masyarakat adalah prioritas utamanya selain peningkatan kesejahteraan warga.

Dirinya berkeinginan warga Langkat terhidar dari penularan Covid-19 saat menjalani ibadah puasa maupun saat merayakan kemenangan di Idul Fitri nanti.

Untuk mewujudkan itu, Syah Afandin pun mengumpulkan seluruh camat dan kepala puskesmas di jajaran Pemkab Langkat melakukan rapat koordinasi peningkatan vaksinasi 1,2 dan booster di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat, Senin (4/4/2022). Hadir juga jajaran Forkopimda Langkat.

Dalam rapat tersebut, dirinya menyampaikan saat vaksinasi di Langkat baru mencapai 69% atau daerah terendah kedua dari 33 kabupaten /kota di Sumut. “Saat ini vaksinasi di Langkat masih sangat rendah. Kita harus kejar ini. Kesehatan masyarakat harus jadi prioritas kita bersama,” tegasnya.

Menurut Ondim pangilan akrab Syah Afandin, Forkopimda Langkat harus kolaborasi pada pencapaian vaksinasi di angka 70 persen.

BACA JUGA :  Kunker Anggota Komisi II DPR di Langkat Menitikberatkan Beberapa Permasalahan

Dirinya mengimbau, TNI, Polri dan dinas terkait harus sama bekerja keras, terutama Dinas Kesehatan dan Pendidikan. Para camat dan Kepala UPT Puskesmas se Langkat juga harus terlibat dan menjadi garda utama ditengah masyarakat. “Semua pihak harus diajak bekerja. Kades dan lurah sampai kadus/kepling serta pustu di pedesaan juga harus dilibatkan,” harapnya

“Vaksinasi dosis pertama, kedua serta booster untuk masyarakat umum, lansia dan anak sekolah harus mencapai 70 persen sebelum Idul Fitri Demi keselamatan warga bertuah,” tambahnya.

Kepala SPN Hinai Polda Sumut, Kombes Pol Mehedi Surindra sangat sepakat apa yang disampaikan Syah Afandin. Dirinya mengungkapkan, semua pihak harus terlibat.

Pencapaian vaksinasi 70 persen akan lebih mudah jika semua ikut bergerak. Puskesmas, kecamatan dan polsek bersama mengkordinir masyarakat di wilayahnya untuk divaksinasi.

“Saya yakin kita mampu mencapai 70 persen di Ramadhan ini asal semua kompak dan bersinergi mengajak masyarakat dimasing-masing wilayahnya untuk divaksin,” sebutnya.(efri)