Pemko Medan Gelar Pawai Takbiran dan Salat Idul Fitri di Lapangan Merdeka

Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman
Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman

 

MEDAN, kaldera.id – Ketua MUI Kota Medan, Hasan Maksum akan bertindak sebagai khatib Shalat Idul Fitri 1443 H yang akan diselenggarakan Pemko Medan di Lapangan Merdeka, Medan.

Sedangkan bertindak sebagai imam shalat ditunjuk qori internasional, Jakfar Hasibuan. Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman menegaskan, pelaksanaan Shalat Idul Fitri nantinya dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Selain memakai masker, para jamaah juga harus membawa sajadah masing – masing.

Selain itu, Pemko Medan juga melakukan pawai malam takbiran. Pawai takbiran dilakukan di dua titik. Pertama di Lapangan Merdeka dan kedua di Kecamatan Medan Belawan. “Pawai takbiran ini rencananya akan dilepas Walikota Medan, Bobby Afif Nasution dari Kecamatan Medan Belawan,” ungkap sekda saat memimpin rapat dengan kepala OPD di Kantor Walikota Medan, Selasa (26/4/2022).

BACA JUGA :  Rumah Dibedah, Warga Bagan Deli Langsung Sujud Syukur

Peserta pawai takbiran ini berasal dari seluruh kecamatan dan kelurahan. Untuk Medan Belawan peserta berasal dari enam wilayah kecamatan, yakni, Medan Belawan, Labuhan, Marelan, Deli, Timur, dan Helvetia. Sedangkan di Lapangan Merdeka berasal dari 15 kecamatan lainnya.

Rute pawai di Medan Belawan dimulai dari Jalan Sumatera (eks Kantor Kejari Belawan) dan finish di Tanah Enam Ratus, Medan Marelan. Sedangkan rute di Lapangan Merdeka, dimulai dari Jalan Pulau Penang dan selesai di Stadion Teladan.

“Seluruh kecamatan dan kelurahan mendirikan posko untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama cuti bersama di wilayah masing-masing. Petugas posko harus mempunyai data warga yang melakukan mudik dan menjaga keamanan rumah yang ditinggalkan,” tambahnya.(reza)