Realisasi Pembinaan UMKM Dipertanyakan, Mulia: Jangan Sekedar Habiskan Anggaran

Anggota Komisi III DPRD Medan, Mulia Syahputra Nasution
Anggota Komisi III DPRD Medan, Mulia Syahputra Nasution

MEDAN, kaldera.id – Anggota Komisi III DPRD Medan, Mulia Syahputra Nasution mempertanyakan realisasi bentuk pembinaan dan pelatihan yang dilakukan Dinas Koperasi Kota Medan terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Medan. Selama ini banyak pelaku UMKM tidak mendapat pembinaan dan pelatihan bahkan yang sudah dilakukan pembiaran.

“Banyak pelaku UMKM setelah selesai dilatih lalu dibiarkan. Padahal mereka butuh kepastian apa kelanjutan pengembangan usahanya. Jangan hanya menjalankan program pelatihan dan menghabiskan anggaran,” ungkapnya, Selasa (17/6/2022).

Dirinya juga mempertanyakan bagaimana bentuk pembinaan yang dilakukan Dinas Koperasi untuk pengembangan bagi pelaku UMKM. Menurutnya, masih banyak pelaku UMKM tidak pernah mendapat pembinaan apalagi pelatihan. “Pelaku UMKM yang mana mendapat pelatihan. Kami banyak menerima keluhan dari masyarakat para pelaku usaha mikro tidak mendapat pembinaan,” jelasnya.

Selain itu, bentuk sinkronisasi dan kerjasama Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan dengan pemprovsu serta pemerintah pusat terkait pembinaan dan pelatihan bagi pelaku UMKM. “Bagaimana bentuk sinkronisasi dinas koperasi dengan pemprovsu dan pemerintah pusat. Selama ini tidak terjelaskan secara detail,” tambahnya.(reza)