Presiden Instruksukan Menteri PUPR Lakukan Penataan Kawasan Belawan

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Walikota Medan, Bobby Nasution dan Menteri PUPR disela sela peninjauan pengerjaan rumah bedah di Kecamatan Belawan
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Walikota Medan, Bobby Nasution dan Menteri PUPR disela sela peninjauan pengerjaan rumah bedah di Kecamatan Belawan

MEDAN, kaldera.id – Presiden Joko Widodo meninjau 3 unit rumah milik masyarakat yang telah selesai dibedah Pemko Medan di kawasan Kampung Belawan Bahari, Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Kamis (7/7/2022).

Dalam kunjungan tersebut, presiden melihat perbaikan yang dilakukan. Dimana, sebelumnya rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni.
Usai meninjau ketiga unit rumah tersebut, beliau mengatakan,
penataan kawasan Kampung Belawan Bahari di Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan sudah mulai dilakukan Pemko Medan. Hal in ditandai dengan dilakukannya pembedahan rumah yang selama ini tidak layak huni menjadi layak huni.

Presiden Joko Widodo disambut warga ketika tiba di Kampung Nelayan Bahari, Kecamatan Medan Belawan
Presiden Joko Widodo disambut warga ketika tiba di Kampung Nelayan Bahari, Kecamatan Medan Belawan

 

“Yang ingin dikerjakan di sini ialah penataan kawasan. Penataan rumah yang layak huni dan itu sudah mulai dilakukan oleh Pemko Medan,” ungkap Joko Widodo.

Setelah penataan rumah selesai dilakukan, maka akan dilakukan penataan kawasan Belawan. Penataan kawasan Belawan akan dilanjutkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR. Dimana, pengerjaan penataan kawasan yang akan dilakukan mencakup pengelolaan air bersih, sistem sanitasi dan perbaikan jalan di perkampungan. “Semua akan ditata agar masyarakatnya lebih sehat dan baik. Kita juga berharap kemiskinan dapat terhentaskan,” harapnya.

Mengenai masalah banjir rob yang kerap melanda kawasan Medan Belawan, Presiden Joko Widodo mengungkapkan, penanganan yang dilakukan dengan segera membangun tanggul penahan banjir rob sehingga, masyarakat di Medan Belawan nantinya tidak lagi merasakan banjir. “Saat ini sedang proses lelang. Selesai lelang tinggal dijalankan karena memang sudah berpuluh-tahun banjir rob disini,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Medan, Bobby Nasution berpesan kepada keluarga yang rumahnya dibedah agar merawat dan menjaga dengan sebaik-baiknya rumah mereka yang telah selesai dibedah tersebut. ”Semoga ibu beserta anggota keluarga sekarang dapat hidup lebih tenang lagi, ya,” pesan Bobby Nasution mendampingi presiden usai meninjau rumah.(reza)