Kadispora Tuahta: Tahun Kembalinya Formasi Utuh Paskibraka Sumut

Kadispora Sumut Tuahta Ramajaya Saragih menyematkan tanda peserta Diklat Capaskibraka di Le Polonia Medan. Diklat Capaskibraka berlangsung hingga 23 Agustus 2022.
Kadispora Sumut Tuahta Ramajaya Saragih menyematkan tanda peserta Diklat Capaskibraka di Le Polonia Medan. Diklat Capaskibraka berlangsung hingga 23 Agustus 2022.

 

MEDAN, kaldera.id – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara (Kadispora Sumut) Tuahta Ramajaya Saragih, membuka masa Diklat Capaskibraka Provinsi Sumut 2022. Kata dia tahun ini merupakan tahun kembalinya Paskibraka.

“Setelah dua tahun petugas Paskibraka terbatas karena Pandemi Covid-19, tahun ini kembali dalam formasi penuh dan utuh. Sebanyak 66 putra putri terbaik Sumut akan digodok untuk bertugas pada 17 Agustus 2022,” katanya saat membuka Diklat Capaskibraka Sumut, kemarin.

Dia menyampaikan, dengan terlaksananya kegiatan Diklat Capaskibraka ini diharapkan mampu memberikan ilmu, disiplin dan kematangan dari calon anggota Paskibraka.

“Diklat ini sebagai wujud bela negara dan cinta tanah air serta persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya dalam momentum hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77,” ujarnya.

Ia mengharapkan kepada seluruh peserta yang berjumlah 66 orang agar dapat mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh dan memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya.

“Agar seluruh materi pembelajaran yang diberikan nantinya dapat dipahami dengan sungguh-sungguh sehingga menjadi modal dan pengetahuan serta dapat diaplikasikan dengan baik sebagaimana yang diharapkan,” pungkasnya.

Para peserta diklat akan mendapatkan materi pengembangan diri

Kepala Bidang Layanan Kepemudaan Budi Syahputra, mengatakan, para peserta diklat akan mendapatkan materi pengembangan diri, pengetahuan, hingga latihan fisik untuk mematangkan diri jelang 17 Agustus 2022.

 

Pelatih dan instruktur terdiri dari personel TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polri dan dari Dispora Sumut dengan Komandan Pelatih, Letda Kav Andrew Alexander Towelio dari Yonkav 6/NK.

Sejumlah praktisi dan akademisi juga dihadirkan panitia untuk pengayaan pada Capaskibraka seperti Dr Sakhyan Asmara, MSP (STIKP Medan), Choking Susilo Sakeh (Budayawan), Dr Joharis Lubis, MPd (Unimed), Dr Eddy Syofian, MAP (DHD 45) dan Dr Fakhrur Rozi, M.I.Kom (UINSU).

Ketua Panitia Diklat, Raikhana Syahbi, menambahkan Peserta Diklat Calon Paskibraka adalah siswa/siswi berprestasi yang lulus seleksi dari Kabupaten/Kota se- Sumatera Utara dengan rincian
yang terdiri dari 23 Kabupaten/Kota se- Sumatera Utara dengan jumlah
66 (enam puluh enam) Peserta yang terdiri dari 38 (tiga puluh delapan)
Peserta Putra dan 28 (dua puluh delapan) Peserta Putri.

“Panitia Pelaksana diklat ini adalah Dinas
Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara c.q Bidang Layanan
Kepemudaan, Pelatih, Tim Medis dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI),” tukasnya.(reza/red)