Baznas Kota Medan Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di 2 Lokasi

Ketua Baznas Kota Medan, Muhammad Nursyam menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di Jalan Rahmatsyah, Kecamatan Medan Area, Jumat (12/8/2022)
Ketua Baznas Kota Medan, Muhammad Nursyam menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di Jalan Rahmatsyah, Kecamatan Medan Area, Jumat (12/8/2022)

 

MEDAN, kaldera.id – Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Medan menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di Jalan Rahmatsyah, Kelurahan Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area dan Jalan Cilacap Barat, Kecamatan Medan Belawan, Jumat (12/8/2022).

Bantuan tersebut merupakan infak, sedekah dan zakat dari ASN Pemko Medan dan masyarakat. Bantuan tersebut diserahkan langsung Ketua Baznas Kota Medan, Muhammad Nursyam di dampingi Wakil Ketua II Baznas Kota Medan, Suaidi Lubis serta unsur kecamatan, kelurahan dan instansi terkait lainnya.

Muhammad Nursyam mengungkapkan, pihaknya sangat prihatin atas musibah yang menimpa para korban. Dia juga berharap bantuan diberikan dapat membantu para korban dalam menyambung kebutuhan sehari-hari. Bantuan diberikan berdasarkan ashnaf atau perhitungan sesuai kebutuhan.

“Meskipun tidak bisa menyelesaikan masalah sepenuhnya, tapi paling tidak bantuan ini bisa bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mengurangi beban para korban,” jelasnya.

Ketua Baznas Kota Medan, Muhammad Nursyam berfoto bersama dengan Camat Medan Belawan, Sekcam Medan Belawan, dan para korban kebakaran di Jalan Cilacap Barat
Ketua Baznas Kota Medan, Muhammad Nursyam berfoto bersama dengan Camat Medan Belawan, Sekcam Medan Belawan, dan para korban kebakaran di Jalan Cilacap Barat

Dirinya juga berharap ke depan pihaknya bisa meningkatkan dalam menyalurkan bantuan terhadap warga yang membutuhkan dengan lebih menggerakkan para ASN dan masyarakat untuk membayar zakat dan memberikan infak maupun sedekah.

“Doakan kami agar tetap sehat dalam mengelola dana umat. Sehingga ke depan bantuan diberikan bisa lebih ditingkatkan lagi,” katanya.

Camat Medan Belawan, Subhan Fajri Harahap mengucapkan terima kasih kepada pengurus Baznas Kota Medan atas bantuan yang diberikan kepada para korban kebakaran di Jalan Cilacap Barat. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban para korban.

“Semoga bantuan ini dapat meringankan beban para korban. Para korban kebakaran juga diharapkan ikhlas dan tabah menerima cobaan ini,” katanya.

Sementara itu, salah satu keluarga korban kebakaran di Jalan Cilacap Barat, Idham mengatakan, dua orang keluarganya yang mengalami luka bakar yakni, Mutiara sudah pulang dari rumah sakit dan saat ini tinggal di kawasan Martubung. Sedangkan satunya lagi bernama Lisa masih menjalani perawatan intensif di RS Adam Malik, Medan.

Kebakaran diduga akibat Korsleting listrik

Sekadar memberitahukan kebakaran terjadi di Jalan Rahmatsyah, Minggu (7/8/2022) sekitar Pukul 16.00 WIB. Kebakaran diduga akibat Korsleting listrik. Akibat peristiwa tersebut 6 unit rumah yang didiami 14 KK ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Sedangkan di Jalan Cilacap Barat, Kecamatan Medan Belawan kebakaran yang terjadi Kamis (4/8/2022) sekitar Pukul 04.00 Wib meludeskan 6 unit rumah yang dihuni 16 KK. Dalam peristiwa itu 4 orang meninggal dunia serta dua orang mengalami luka bakar.(red)