Anggota DPRD Medan dari Fraksi PDI Perjuangan, Robi Barus
Anggota DPRD Medan dari Fraksi PDI Perjuangan, Robi Barus

 

MEDAN, kaldera.id – Anggota DPRD Medan dari Fraksi PDI Perjuangan mengusulkan nama presiden pertama Indonesia, Soekarno menjadi nama jalan di Kota Medan.

Nama Soekarno diusulkan menggantikan nama Jalan Balaikota. Sampai saat ini tidak ada satu nama ruas jalan di Kota Medan menyematkan nama Sang Proklamator tersebut.

“Kami mengusulkan nama Soekarno menjadi salah satu nama jalan di Kota Medan. Ini sebagai bentuk penghormatan kepada beliau sebagai Proklamator dan pahlawan nasional,” ungkap Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Medan, Robi Barus kepada wartawan, kemarin.

Dijelaskannya, hampir di seluruh kota besar di Indonesia menggunakan nama tersebut sebagai nama jalan. Terlebih banyak nama pahlawan lain yang digunakan sebagai nama jalan. “Kami harapkan nama beliau menjadi nama jalan di kawasan inti kota, bukan pinggiran. Hal ini dengan mengingat jasa beliau,” katanya.

Untuk itu, dirinya berharap di pemerintahan Walikota Medan, Bobby Nasution ini keinginan fraksinya bisa tercapai. Dirinya pun yakin Bobby Nasution mengakomodir keinginan itu.

“Pada 2016 atau 2017 sudah kami usulkan dengan walikota sebelumnya. Namun, tidak jelas arahnya. Makanya, kami berharap di kepemimpinan Bobby ini keinginan bisa tercapai,” tambahnya.(reza)