Abdurrahman dan M Syahnan Profesor Baru dari UINSU

Prof Dr Abdurrahman, MPd
Prof Dr Abdurrahman, MPd

 

MEDAN, kaldera.id – Abdurrahman dan Muhammad Syahnan resmi menyandang gelar Guru Besar (Profesor) akhir Juli 2022. Keduanya menambah jajaran Guru Besar yang dimiliki UIN Sumatera Utara.

Dr Abdurrahman, MPd menyandang gelar Profesor Ilmu Bimbingan Konseling Islam. Sementara Dr M Syahnan, MA melekat padanya gelar Profesor Ilmu Filsafat Hukum Islam.

Diketahui, Prof. Dr. Abdurrahman , M.Pd alias Rahman YZ berhak menyandang gelar Profesor berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor: 022569/B.II/3/2022 tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen terhitung sejak tanggal 1 Juli 2022, yang ditandatangani Menteri Agama RI, Yaqul Cholil Coumas pada 20 Juli 2022. Sedangkan Prof. Dr. Mhd. Syahnan, MA berdasarkan SK Menteri Agama Nomor: 022577/B.II/3/2022.

Prof. Dr. Mhd. Syahnan, MA
Prof. Dr. Mhd. Syahnan, MA

“Ini barokah dari Allah SWT. Saya berterimakasih pada orang tua, keluarga, pimpinan UINSU dan segenap civitas akademik UINSU,” kata Rahman YZ, sapaan akrab Abdurrahman, Minggu (31/7/2022).

Rahman mengatakan, konseling Islam sangat memberikan andil yang sangat besar dalam pendidikan. Islam sebagai agama yang penuh dengan nilai-nilai Ketuhanan, akan memberikan nilai positif dalam dunia pendidikan.

Dalam artikel terbitan terakhirnya yang terindeks Scopus, berjudul “Exploration Of The Implementation Of Islamic Guidance And Counseling Services At Darul Mursyid Modern Islamic Boarding School In South Tapanuli, Indonesia”, Rahman menegaskan pelaksanaan bimbingan dan konseling islam membuat siswa semakin bersemangat untuk berkompetisi sehingga prestasi akademiknya menjadi luar biasa.

Hal ini terlihat dari kejuaraan sains yang selalu mereka menangkan dan kelulusan masuk perguruan tinggi yang meningkat dari tahun ke tahun.

Rektor UIN Sumut prof. Syahrin teklah menyampaikan selamat dan sukses kepada keduanya, dan berharap keduanya dapat menyumbangsihkan ilmunya demi kemajuan UIN Sumatera Utara Medan. “Selamat dan semoga berkah,“ kata Prof. Syahrin.

Sebelumnya, dalam berbagai kesempatan, Prof. Syahrin terus memotivasi dan memberi dorongan kuat agar para civitas akademika UIN Sumut berpacu mengejar gelar Guru Besar. Pihak kampus sendiri akan memberikan support dalam percepatan untuk mencapai gelar Guru Besar.

Sebelum Prof Abdurrahman dan Prof Mhd Syahan, pada 2022 UINSU sudah menambah dua Guru Besar juga yakni Prof Dr Candra Wijaya dan Prof Dr Nurhayati.(reza/red)