Drama Grup E, Siapa Yang Melaju ke Babak 16 Besar

Kapten Kosta Rika, K Navas dituntut mengerahkan semua kemampuannya untuk menghindari kebobolan dari pemain jerman. (Foto:google)
Kapten Kosta Rika, K Navas dituntut mengerahkan semua kemampuannya untuk menghindari kebobolan dari pemain jerman. (Foto:google)

 

MEDAN, kaldera.id – Nasib Timnas Jerman melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 tidak hanya bergantung hasil pertandingan mereka melawan Kosta Rika di Stadion Al Bayt, Jumat (2/12/2022).

Neuer cs juga harus melihat hasil pertandingan Jepang melawan Spanyol di Stasion Internasional Khalifa dengan waktu bersamaan. Bila laga tersebut berakhir dengan seri, peluang Jerman tertutup. Sebab, kalah head to head dari Jepang.

Sedangkan bila Jepang menang dan Jerman juga menang, maka melihat selisih gol antara Jerman dan Spanyol. Berbeda kalau Spanyol yang menang.

Namun, begitupun lawan yang dihadapi Jerman adalah Kosta Rika. Mereka juga masih punya peluang lolos ke babak selanjutnya. Dengan meraih poin 3 hasil menang melawan Jepang, K Navas masih punya kans melangkah lebih jauh.

Mereka juga pastinya bermain habis – habisan di laga pamungkas ini. Permainan Kosta Rika jauh berubah pasca dihancurkan Spanyol 0-7 di laga perdana Grup E. Mereka lebih tenang dalam merancang serangan dan dalam menutup pergerakan lawan.

Wakil zona Concacaf ini harus mengantisipasi permainan cepat Jerman. Sepertinya hal itu bukan masalah. Sebab, sudah ditunjukkan ketika melawan Jepang. Pemain Kosta Rika juga diminta lebih berani menutup ruang pemain tengah Jerman bila tidak mau mengalami kekalahan telak. Provokasi dengan melakukan pelanggaran kecil juga perlu dilakukan untuk merusak ritme dan konsentrasi pemain lawan.

Sementara itu, di laga Spanyol dan Jepang, kedua tim juga akan bermain maksimal untuk memastikan satu tempat di babak knock out. Spanyol lebih diunggulkan dalam laga ini. Hal ini dilihat dari materi dan kerja tim yang telah ditunjukkan di dua laga sebelumnya. Serangan dan pertahanan mereka sama baiknya. Hal ini akan menjadi ujian tersendiri bagi R Doan cs untuk mengulang sukses seperti melawan Jerman.(red)