Prestasi Jelang Akhir Tahun, Pemko Medan Raih Juara Pertama Garnas Buana Utama

Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution menerima Penganugerahan Garda Nasional Bumi dan Bencana Award 2022 dari Kementrian Dalam Negeri, kemarin.
Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution menerima Penganugerahan Garda Nasional Bumi dan Bencana Award 2022 dari Kementrian Dalam Negeri, kemarin.

 

MEDAN, kaldera.id – Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution menerima Penganugerahan Garda Nasional Bumi dan Bencana Award 2022 dari Kementrian Dalam Negeri, kemarin.

Penghargaan ini diberikan atas prestasi meraih juara pertama kategori Garnas Buana Utama dan Juara 2 kategori Literasi KIE Kebencanaan. Penghargaan ini langsung diserahkan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dan diterima Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman didampingi Kalaksa BPBD Muhammad Husni di Hotel Mulia Kuningan Jakarta.

Penghargaan ini diterima setelah mengikuti tahapan dan uji eviden yang dilakukan oleh dewan juri dari Universitas Indonesia. “Penghargaan Ini diberikan merupakan salah satu kesiapsiagaan Pemko Medan dalam menghadapi bencana dan mendukung SPM urusan wajib tata kelola Kebencanaan,” ungkap Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman didampingi Kalaksa BPBD Muhammad Husni usai acara

Dimana Pemko Medan Telah memiliki kajian resiko bencana, rencana penanggulangan bencana, rencana kontigensi, SK komando kebencanaan

Kemudian pelibatan pentahelix Sebagai bentuk kolaborasi dalam penanggulangan bencana serta KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) di seluruh aktivitas kebencanaan dan dukungan pengangaran.

“Inilah wujud keberhasilan kolaborasi walikota yang didukung dengan SK Walikota Tim Terpadu yang menangani 10 klaster Kebencanaan. Kemudian SK walikota tentang forum pengurangan resiko bencana yang melibatkan unsur Pentahelix yakni, pemerintah dimana didalamnya termasuk unsur TNI/Polri, masyarakat, dunia usaha, akademisi dan media masa,” jelasnya.

Kemudian ada juga SK Walikota tentang siaga bencana serta inovasi membangun sistem siaga dini atau earli warning system kebencanaan.

Untuk itu Husni mewakili Walikota Medan mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen warga kota yang telah mendukung dengan membangun kolaborasi bersama dalam penanggulangan bencana. “Penganugrahan ini adalah keberkahan dan keberhasilan seluruh warga Kota Medan,” tambahnya.(red/rel)