Gus Irawan Yakinkan Pemerintah UMKM Tulang Punggung Perekonomian

Gus Irawan Pasaribu
Gus Irawan Pasaribu

 

MEDAN, kaldera.id- Anggota komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu mengatakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah sektor yang sangat strategis dan potensial juga sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Oleh karenanya UMKM memberikan banyak kontribusi baik pertumbuhan ekonomi maupun serapan tenaga kerja.

“Kalau memang UMKM sudah ditakdirkan sebagai sektor yang memberikan dukungan yang signifikan untuk pemulihan ekonomi nasional saat ini maka treatment atau awalan keberpihakan kepada UMKM harus jelas tidak hanya sekedar dituangkan dalam suatu presentasi yang baik tetapi dalam kondisi konkret dan real,” kata Gus Irawan Pasaribu di Medan, Jumat (9/12/2022).

Dia juga menerangkan saat ini literasi keuangan sangat penting karena semakin tinggi tingkat literasi keuangan suatu bangsa maka akan semakin tinggi pula korelasinya dengan kesejahteraan dan tentunya akan semakin banyak juga orang yang bijak dalam pengelolaan keuangan. “Sekarang yang kita hadapi tantangan lain adalah banyaknya dimasa sulit seperti ini tawaran tawaran melalui online baik pembiayaan maupun investasi, kelompok UMKM termasuk yang rentan didatangi oleh tawaran-tawaran khususnya pembiayaan,” terang Gus Irawan Pasaribu.

Menurutnya, dari sisi perbankan seperti diketahui bahwa likuiditas juga masih cukup tebal dan itu harus lebih memiliki efek advertise tinggi dari pengucuran kredit dengan prinsip pengenalan nasabah yang tinggi prinsip, jika dibangun dengan baik maka pemberi kredit akan mengenal baik nasabahnya dan itulah orang-orang yang digarap dengan memberikan kemudahan dan kecepatan dalam proses pembiayaan.

“Selama ini tantangan kita adalah bagaimana mereka sampai terpengaruh yang pinjaman online karena pinjaman online menawarkan kecepatan dan kemudahan sementara perbankan kita masih dianggap sedikit melakukan praktek atau bisnis yang masih over prudent yang sangat menjaga prinsip kehati-hatian,” jelas Gus Irawan Pasaribu.(rel/arn)