Kompetensi Unggul, Fisip USU Bangun Sinergi dengan Alumni

Dekan FISIP USU, Dr. Hatta Ridho
Dekan FISIP USU, Dr. Hatta Ridho

 

MEDAN, kaldera.id – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU) terus meningkatkan kompetensi dalam dunia pendidikan tinggi.

Ke depan, FISIP USU terus menjalin kerjasama dengan seluruh pihak untuk mencapai peningkatan kompetensi unggul, termasuk para alumninya yang sudah tersebar di berbagai sektor.

“Saat ini 6 jurusan S1 di FISIP USU ada pada akreditasi unggul, tinggal satu yang masih berpredikat sangat baik yaitu Ilmu Administrasi Bisnis,” kata Dekan FISIP USU, Dr. Hatta Ridho dalam acara ‘ngopi bareng jurnalis alumni FISIP USU’, Kamis (13/7/2023)

Sosok yang akrab disapa Mas Ridho ini menjelaskan, secara garis besar FISIP USU telah menyusun 6 fokus kerja. Fokus tersebut yakni Pencapaian Target Indeks Kinerja Utama (IKU), Peningkatan Akreditasi Program Studi, Penguatan Proses Pembelajaran melalui Integrasi Riset, PKM dalam MBKM; Penataan Infrastuktur, World Class University (WCU) yang diwujudkan melalui internasionalisasi kurikulum, WCP, Conference, dan Networking, dan Penelitian, PKM, Publikasi dan Kerjasama untuk USU-FISIP Enterprise.

“Untuk inilah maka kami menggalang seluruh potensi yang ada, termasuk menggandeng para alumni dari lintas profesi. Karena saat ini ada sekitar 17 ribu alumni FISIP USU, saya kira itu adalah potensi yang sangat besar untuk mencapai target-target itu,” ujarnya didampingi Wakil Dekan II, Dr Nurman Achmad dan Wakil Dekan III, Dr Harmona Daulay.

Salah satu bentuk kerjasama yang dapat dilakukan adalah berkaitan dengan program kampus merdeka. Metode pengajaran dengan menghadirkan langsung para praktisi seperti jurnalis merupakan hal yang dapat dilakukan.

“Saya kira berbagai kerjasama yang lain bisa kita jajaki,” ungkapnya.

Silaturahmi lewat kegiatan ngopi bareng ini dihadiri puluhan alumni FISIP USU yang berprofesi sebagai jurnalis dari berbagai media lokal dan nasional.(reza sahab/red)