Penanganan Stunting di Kecamatan Medan Tuntungan di Apresiasi Walikota

Walikota Medan, Bobby Nasution bersama Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu menyerahkan bantuan kepada ibu yang anaknya menderita stunting, Selasa (15/8/2023)
Walikota Medan, Bobby Nasution bersama Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu menyerahkan bantuan kepada ibu yang anaknya menderita stunting, Selasa (15/8/2023)

 

MEDAN, kaldera.id – Walikota Medan, Bobby Nasution mengapresiasi dengan dilakukanya kolaborasi penanganan stunting antara Kecamatan Medan Tuntungan dengan bapak asuh stunting dan klinik asuh stunting yang digagas Camat Medan Tuntungan.

Kolaborasi tersebut ditandai dengan penandatanganan kerjasama antara Kecamatan Medan Tuntungan dengan bapak asuh stunting dan klinik asuh stunting yang disaksikan langsung Walikota Medan, Bobby Nasution di Lapangan Segi Tiga, Jalan Kemenyan Raya, Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan, Selasa (15/8/2023).

Bobby Nasution dalam sambutanya mengatakan, masalah stunting masih menjadi persoalan yang krusial, bukan hanya angka tetapi juga dampaknya. Sehingga, apabila angka anak stunting ini tidak terus di tekan, maka akan mempengaruhi cita-cita bangsa menjadikan Indonesia emas di 2045.

“Kita masih punya PR bersama untuk menekan angka stunting di Kota Medan. Syukur alhamdulilah Kota Medan telah berhasil menekan angka anak penderita stunting dari sebelumnya berjumlah 550 anak kini menjadi 298 anak. Kita harap jumlah anak stunting ini dapat terus kita tekan dan cegah dari mulai sejak ibu hamil,” ungkap Bobby yang hadir didampingi Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu.

 

Menambah kebutuhan gizi anak

Bobby juga menyarankan agar keluarga penderita stunting diberikan bantuan berupa ayam petelur. Sehingga daging dan telur ayam tersebut dapat dimanfaatkan untuk menambah kebutuhan gizi anak dan juga telurnya dapat dijual untuk menambah ekonomi keluarga.

“Saya menyarankan agar orangtua yang anaknya menderita stunting diberikan bantuan ayam petelur untuk diternak. Sehingga telur maupun daging ayamnya dapat sebagian di konsumsi dan sebagian lagi dijual untuk meningkatkan perekonomian keluarga,” ucapnya.

Dalam acara tersebut, Bobby menyerahkan penghargaan kepada bapak asuh stunting serta klinik asuh stunting yang telah memberikan kepedulianya dalam membantu anak-anak stunting di Kecamatan Medan Tuntungan.

Sementara itu Camat Medan Tuntungan Hendra Arjudanto menjelaskan, program kerjasama antara Kecamatan Medan Tuntungan dengan bapak asuh stunting dan klinik asuh stunting merupakan yang pertama digagas sebagai bentuk dukungan terhadap program bapak asuh stunting yang sebelumnya telah diluncurkan oleh Walikota Medan, Bobby Nasution.

“Dalam kolaborasi ini kita menggandeng stakeholder sebagai bapak asuh stunting serta klinik swasta sebagai klinik asuh stunting yang nantinya akan membantu Puskesmas dalam menangani stunting di Kecamatan Medan Tuntungan,” ujar Hendra Arjudanto.

Dijelaskan Hendra lagi, saat ini jumlah anak stunting di Kecamatan Medan Tuntungan sebanyak 11 orang sehingga yang menjadi bapak asuh stunting juga berjumlah 11 orang sedangkan untuk klinik asuh stunting sebanyak 8 klinik.

“Jadi nantinya bapak asuh stunting ini akan membantu memberikan dukungan dana.Dimana, dana tersebut akan dikelola kader stunting untuk dibelikan bahan baku makanan dan dimasa. Setelah itu akan disalurkan ke rumah-rumah anak penderita stunting selama enam bulan ke depan,” tambahnya.

Sedangkan untuk klinik asuh stunting, Hendra mengatakan klinik asuh stunting bertugas memberikan pelayanan kesehatan tehadap anak penderita stunting, artinya apabila ada anak stunting yang mengalami sakit maka dapat langsung dibawa ke klinik asuh stunting untuk mendapatkan perawatan secara gratis.

“Ketika anak stunting ini mengalami sakit dan membutuhkan perawatan, maka harus langsung dibawa ke klinik asuh stunting. Begitu pula apabila anak tersebut membutuhkan asupan vitamin ataupun susu maka dapat dibantu melalui klinik asuh stunting tersebut secara gratis.”pungkas Hendra Arjudanto.

Sementara itu ditempat yang sama salah seorang orangtua dari anak penderita stunting, Alemina merasa bersyukur dan berterimakasih kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Ketua TP PKK Kota Medan Ny. Kahiyang Ayu M. Bobby Afif Nasution yang sudah memberikan bantuan kepada dirinya.

“Saya sebagai orangtua mengucapkan terimakasih kepada Bapak dan Ibu Wali Kota yang sudah memberikan bantuan kepada saya. Semoga dengan bantuan ini anak saya semakin sehat dan pertumbuhanya semakin baik.”ucap Alemina.

Dalam kegiatan tersebut, Bobby menyerahkan bantuan sembako dan daun kelor bagi keluarga yang anaknya menderita stunting.(reza)