Sambut 93 Tahun Al Washliyah, Seminar Nasional Menggagas Strategi Budaya Dakwah Dibentangkan

Menyongsong 93 tahun kelahiran Al Washliyah, PD Al Washliyah Kota Medan akan menggelar seminar nasional bertajuk
Menyongsong 93 tahun kelahiran Al Washliyah, PD Al Washliyah Kota Medan akan menggelar seminar nasional bertajuk "Menggagas Strategi Kebudayaan Dalam Optimalisasi Dakwah Al Washliyah".

 

MEDAN, kaldera.id – Menyongsong 93 tahun kelahiran Al Washliyah, PD Al Washliyah Kota Medan akan menggelar seminar nasional bertajuk “Menggagas Strategi Kebudayaan Dalam Optimalisasi Dakwah Al Washliyah”.

Demikian disampaikan Ketua PD Al Washliyah Kota Medan H. Abdul Hafiz Harahap didampingi Sekretaris PD Hasanul Jihadi, Bendahara PD Fachroel Rozi, Wakil Ketua PD Mursal Harahap dan Ketua Majelis Dakwah PD Al Washliyah Kota Medan Dr. Khairul Mufti Rambe, Sabtu (9/9) di Kantor PD Al Washliyah Kota Medan Kompleks Tasbih II Medan.

Dijelaskan Abdul Hafiz Harahap, seminar ini diselenggarakan dalam rangka memberikan kontribusi bagi para ustaz, mubaligh yang beraktivitas dalam dakwah di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena diharapkan dari kegiatan seminar ini akan lahir sebuah buku yang berisi khutbah jumat selama setahun.

“Sebagai organisasi Islam, Al Washliyah Medan harus berperan aktif dalam membangun budaya dakwah yang dapat diterima seluruh lapisan masyarakat”, jelas Abdul Hafiz Harahap.

Lebih lanjut Abdul Hafiz Harahap menyebutkan dakwah dan kebudayaan harus berjalan seiring sebagai sebuah strategi dan bentuk kolaborasi, agar pesan-pesan dakwah tersampaikan sesuai bahasa kaum yang mendengarnya.

“Bukankan para rasul dan nabi diutus Allah Swt untuk para umatnya masing-masing. Artinya setiap kaum memiliki budaya dan bahasa tersendiri, dan potensi itulah yang akan dijadikan strategi untuk menyukseskan syiar dakwah”, kata Abdul Hafiz Harahap.

Seminar ini terbuka untuk para ustaz, mubaligh dan dai se Kota Medan

 

Sementara itu, panitia seminar nasional yang juga Ketua Majelis Dakwah PD Al Washliyah Kota Medan Dr. Khairul Mufti Rambe menjelaskan seminar ini terbuka untuk para ustaz, mubaligh dan dai se Kota Medan.

Sebagai peserta, kata Khairul Mufti Rambe wajib mengisi formulir dengan menyertakan naskah khutbah jumat yang diunggah langsung melalui google form.

“Naskah dari para peserta itu nantinya akan diseleksi panitia dan majelis dakwah PD Al Washliyah Kota Medan beserta tim editor, untuk kemudian dijadikan sebagai buku khutbah selama setahun”, ungkapnya.

Dalam seminar ini tampil sebagai pemateri Dr. Ja’far, M.A. dari IAIN Lhokseumawe, Dr. Faisal Riza, M.Ag dari UIN Sumatera Utara dengan moderator Mursal Harahap, S.Ag. M.Kom.I.

Seminar nasional ini akan dilaksanakan pada 23 September 2023 di Hotel Grand Kanaya Jl. Darusalam Medan.(efri/red)