Program Nornalisasi Sungai Deli Dicanangkan Walikota Kembali Diapresiasi Dewan

Sudari
Sudari

 

MEDAN, kaldera.id – Ketua Fraksi PAN DPRD Medan, Sudari mengapresiasi langkah Walikota Medan, Bobby Afif Nasution terkait rencana kegiatan gotong royong massal menormalisasi Sungai Deli sepanjang 34,5 km dengan batas waktu 64 hari kerja. Program tersebut diyakini mampu meminimalisir banjir dan genangan air di Kota Medan.

“Kita dorong seluruh stakholder serta seluruh instansi dapat mendukung penuh dan berkolaborasi dengan pihak Kementerian PUPR serta TNI AD. Program ini cukup bagus. Apalagi tidak ada penggusuran rumah warga yang berada di pinggir sungai,” ungkap Sudari, kemarin.

Menurutnya, warga yang berdomisili di sepanjang pinggir Sungai Deli sudah lama dihantui banjir akibat kondisi sungai yang dangkal dan dipadati lumpur. Begitu juga dengan tanggul sudah terkikis longsor.

“Kita harapkan setelah normalisasi nanti kekuatiran warga dapat hilang dan tercipta rasa nyaman,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, dirinya juga meminta Kepala Dinas Sosial Kota Medan dan jajaran untuk serius dan lebih memperhatikan penyelesaian persoalan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang terdiri dari anak jalanan, gelandangan dan pengemis.

Pihaknya meminta dinas tersebut membuat target dalam penanganan masalah ini.

“Kepala Dinas Sosial harus memiliki formula yang sistematis, terarah dan fokus. Segera lakukan kerja sama dengan Satpol PP, kecamatan maupun kelurahan serta instansi terkait untuk turun melakukan razia, pendataan dan penanganan. Sehingga permasalahan ini dapat diselesaikan,” tambahnya.(reza)