Tak Sekadar Perhatikan Bangunan Fisik, Pemko Diminta Tingkatkan Kesadaran Warga Dalam Membuang Sampah

Hendra DS
Hendra DS

 

MEDAN, kaldera.id – Ketua Fraksi Partai Gabungan (Hanura, PPP dan PSI) DPRD Medan, Hendra DS meminta Pemko Medan melalui OPD terkait untuk melakukan penanggulangan banjir secara masif dn berkelanjutan.

Penanganan banjir tidak hanya sekadar melakukan perbaikan, pembangunan drainase dan pengerukan sungai.

Menurutnya, sebaik apapun kondisi fisik drainase, apabila masyarakat masih membuang sampah ke dalamnya, dipastikan aliran air akan terhambat. Situasi itu membuat air akan meluap ke jalan bila volume air cukup besar.

Untuk itu, jajaran OPD terkait bekerja lebih ekstra membangun kesadaran rakyat Kota Medan agar tidak membuang sampah sembarangan. Tidak menjadikan aliran drainase dan sungai sebagai tempat pembuangan sampah. Selain itu ditegakkan aturan tentang persampahan dan aturan terkait lainnya. Sehingga menimbulkan efek jera.

“Memang penanganan terhadap kerukan tanah pembangunan drainase dan parit juga sangat penting diperhatikan. Tapi berdasarkan laporan yang kami terima bahwa tanah hasil korekan drainase dan parit terlalu lama diangkat. Sehingga meresahkan serta mengganggu aktifitas warga. Selain itu, korekan tanah jika tidak cepat ditangani membuat lingkungan kotor dan sejumlah dampak lainnya,” kata Hendra, kemarin.

Karena itu, Pemko Medan harus melakukan pengawasan dan penindakan kepada kontraktor agar kerukan tanah pembangunan drainase segera diangkat dari lokasi pembangunannya.(reza)