UKW PWI Sumut Angkatan 59-60, Dari 48 Peserta, 6 Orang Dinyatakan Belum Kompeten

Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik
Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik

 

MEDAN, kaldera.id – Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 59 dan 60 yang dilaksanakan PWI Sumut selama dua hari di Swiss Bell Inn Medan resmi ditutup, Rabu (8/11/2023).

Dari 48 peserta yang mengikuti ujian, 42 orang dinyatakan kompeten, sedangkan sisanya tidak lulus.

Ketua Umum PWI Pusat, Hendry CH Bangun diwakili Direktur UKW PWI Pusat, Firdaus Komar mengatakan, kepada peserta yang belum kompeten untuk tidak berkecil hati. Sebab, kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda.

“Teruslah belajar. Belajar meningkatkan kemampuan. Yakinlah, pasti memberikan kebaikan dan menguntungkan pribadi,” ungkapnya.

Firdaus Komar juga menyampaikan rasa salut atas kinerja Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik dan pengurus lainnya yang bisa menyelenggarakan UKW atas kerjasama dengan pihak ketiga.

Hal ini diharapkan bisa menjadikan wartawan Indonesia lebih berkualitas dan profesional.

“Kepada para jajaran stakholder, kami juga memberikan apresiasi yang telah berkenan membantu dan peduli terhadap PWI untuk menyelenggarakan UKW,” katanya.

Hal Ini juga membuktikan tanggungjawab PWI lebih besar. Wartawan merupakan garda terdepan dalam penyampaian berita.

Semua berharap outputnya menjadikan wartawan yang profesional dan karya jurnalistik berkualitas. Sehingga dapat mencerdaskan masyarakat melalu informasi yang bagus.

“UKW merupakan target tahapan tugas jurnalistik dan fungsi pers,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik mengaku prihatin dengan adanya 6 orang peserta yang dinyatakan belum kompeten.

Namun, begitupun dirinya tetap mengajak agar wartawan yang belum dinyatakan belum kompeten tidak perlu kecil hati. Dengan catatan harus tetap semangat dan berusaha.

“Enam bulan lagi ayo coba ikut UKW lagi sambil berusaha dan belajar. Kita akan prioritaskan. Kami selaku parhobas (pelayan) akan tetap melayani memfasilitasi seluruh anggota bagaimana biar bisa senang,” ucap Farianda.

Ditambahkan Farianda lagi, pihaknya sudah menerapkan bila untuk masuk anggota PWI Sumut, wartawannya harus lulus UKW dulu.

“Kita berharap wartawan profesional dan kompeten sehingga dapat menyajikan berita yang berkualitas kepada masyarakat. Ke depan semoga lebih baik,” harap Farianda.(red)