Hadir di Parlemen Pelajar, Baskami Ajak Jauhkan Perilaku Korupsi

Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting
Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting

 

MEDAN, kaldera.id – Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting, membuka penyelenggaraan Parlemen Pelajar Sumatera Utara batch 2, di Gedung Paripurna Sumatera Utara, Selasa (2/11/2023).

Pada kesempatan itu, Baskami meminta seluruh peserta yang terdiri dari siswa SMA se-Sumatera Utara itu, agar menanamkan sejak dini, komitmen anti korupsi.

“Memahami korupsi sebagai kejahatan luar biasa yang dapat meruntuhkan sendi-sendi bernegara kita, harus ditanamkan sejak usia muda. Saya berharap kepada anak-anakku yang mengikuti acara ini mampu menjadi motor penggerak gerakan antikorupsi di sekolah dan lingkungannya,” katanya.

Baskami menjelaskan, perilaku koruptif harus dimaknai secara komperehensif dan holistik. Terkait pengertian, jenis, dampak hingga hukuman kepada pelaku.

“Sebagai generasi penerus, maka harus ditanamkan dalam diri dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-sehari. Tidak mencontek, tidak bolos, tidak membohongi orangtua mengenai biaya-biaya yang sebenarnya tidak ada di sekolah, dan lainnya. Saya minta agar anak-anakku sekalian menjadi pribadi yang jujur dan berintegritas,” tambahnya.

Baskami juga meminta para siswa untuk menegakkan disiplin, sikap menghormati dan menghargai orangtua dan guru, serta menjauhi narkoba.

“Saya percaya, kalian anak-anak pintar yang berbakti, menghormati orangtua dan guru. Bapak tidak pernah lelah untuk mengingatkan kepada kalian semua, agar menjauhi narkoba,” jelasnya.

Sementara itu seorang siswa SMA Negeri 1 Padang Sidempuan, Hanuf Samudera menyampaikan antusiasnya mengikuti rangkaian kegiatan Parlemen Pelajar Sunatera Utara batch 2.

“Kami diberikan pengetahuan terkait korupsi. Kami juga mendapatkan pengalaman untuk melihat seluruh aktivitas di gedung dewan,” tambahnya.

Hal senada disampaikan Aurel Simarmata, siswa SMA Negeri 2 Pangururan, Samosir.
Bagi Aurel,mengikuti kegiatan parlemen pelajar merupakan kali pertama baginya.

“Terimakasih kepasa Bapak Ketua, yang telah memfasilitasi kami. Kami bisa rapat dan tahu apa-apa saja kegiatan para Anggota Dewan seperi rapat fraksi, sidang paripurna dan lainnya,” pungkasnya.(efri surbakti/red)