Penataan Tuntas, Baskami Minta Alun-Alun Siantar jadi Ruang Terbuka Hijau

Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting meninjau finishing pengerjaan proyek penataan alun-alun Siantar oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemprov Sumut, Jumat (15/12/2023).
Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting meninjau finishing pengerjaan proyek penataan alun-alun Siantar oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemprov Sumut, Jumat (15/12/2023).

 

PEMATANG SIANTAR, kaldera.id – Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting meninjau finishing pengerjaan proyek penataan alun-alun Siantar oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemprov Sumut, Jumat (15/12/2023).

Kepada awak media, Politisi PDI Perjuangan itu menyebut, proyek penataan alun-alun yang anggarannya berasal dari APBD Sumut 2023 itu telah tahap finishing dan segera rampung dalam waktu dekat.

“Kita sudah lihat proses pengerjaannya dan pihak kontraktor telah menyelesaikan semua item pekerjaan. Setelah ini, maka kita harapkan fungsi alun-alun sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH),” katanya.

Baskami mengatakan, alun-alun sebagai ikon dan menambah estetika kota, juha berperan memberikan manfaat ekologis, sosial, budaya, kenyamanan dan wadah rekreasi warga.

“Sehinga nantinya menambah keserasian dan keseimbangan lingkungan,” tambahnya.

Tak hanya itu, Baskami juga berharap dengan rampungnya alun-alun tersebut juga menjadi ruang kreativitas anak-anak muda Siantar.

“Di sini bisa tempat berkumpulnya anak-anak muda yang mau mengaktualisasikan kemampuannya. Saya percaya anak-anak Siantar kreatif dan inovatif,” ungkapnya.

Pantauan lapangan, Baskami didampingi Kepala Seksi Sumber Daya Alam dan Cipta Karya, UPTD PUPR Pemprovsu, Julianto.

Kasi UPTD PUPR Pemprovsu Julianto mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan beberapa item pekerjaan, yaitu jogging track dengan panjang 333 meter.

Juga air mancur, drainase, paving block, penerangan, lampu taman, pengecatan pagar, perbaikan toilet hingga penanaman rumput ‘Gajah Mini’.

“Sesuai kotrak selesai di tanggal 21 Desember, jadi kita upayakan sebelum tanggal itu, pengerjaannya selesai,” pungkasnya.(efri surbakti/red)