Presiden Jokowi Sebut Perbedaan Jelang Pilpres 2024 Dengan 2014 dan 2019

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

 

MEDAN, kaldera.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut ada perbedaan jelang Pilpres 2024 dibandingkan tahun 2014 dan 2019. Ia menegaskan politik di 2024 adem-adem saja.

“Sebetulnya politiknya ada adem-adem saja, saya kira sangat jauh bila dibandingkan dengan 2014 dan 2019, sangat beda sekali,” kata Jokowi di acara Outlook Perekonomian Indonesia di Astor Ballroom Hotel St Regis, Jakarta Selatan, Jumat (22/12/2023).

Ia berkeyakinan kondisi itu tak lepas dari kedewasaan masyarakat. Sehingga, situasi yang dirasakan di pilpres sebelumnya, bisa didinginkan.

“Artinya masyarakat kita sudah dewasa dalam berpolitik. Yang panas pun bisa segera di dinginkan dan kalau terbelah sedikit juga bisa bersatu kembali,” sambung Jokowi.

Jokowi menyadari banyak pihak yang merasa khawatir jelang Pilpres 2024. Namun, dia menegaskan kembali tak perlu ada yang dikhawatirkan.

“Kalau kita membukanya sosial media, kalau bacanya sosial media, nonton TV adu debat antar politisi, sepertinya suasananya panas, sepertinya,” tutur Jokowi

“Tapi kalau bapak ibu turun ke masyarakat, turun ke desa, turun ke daerah, sering turun ke daerah-daerah, bapak ibu bisa merasakan rakyat itu santai santai saja. Betul coba pergi ke desa,” ujar Jokowi. (det)