Bobby Nasution dan Menko PMK Pantau Progres Penataan Kawasan Belawan

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy dan Walikota Medan, Bobby Nasution meninjau Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Sabtu (17/2/2024).
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy dan Walikota Medan, Bobby Nasution meninjau Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Sabtu (17/2/2024).

 

MEDAN, kaldera.id – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy dan Walikota Medan, Bobby Nasution meninjau Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Sabtu (17/2/2024).

Peninjauan ini dilakukan dalam rangka melihat penataan kawasan sebagai upaya penanganan kemiskinan ekstrem di kawasan tersebut melalui pendekatan lingkungan.

Penataan kawasan ini dilakukan secara kolaborasi antara Pemko Medan, Kementrian PMK dan kementrian lainnya. Diharapkan mampu menjadikan kehidupan masyarakat lebih baik dan sehat.

Berdasarkan pantauan tersebut penataan menunjukkan kemajuan. Apalagi, Kelurahan Belawan Bahari juga menjadi langganan banjir rob yang kerap menerpa permukiman warga.

Penataan sendiri meliputi sejumlah aspek seperti, saluran drainase, konstruksi air bersih, tempat pengolahan sampah, dan lainnya.

Muhadjir Effendy mengatakan, kawasan itu nantinya akan dibangun tangki penampungan air bersih. Semoga tangki air tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari. Di samping itu juga akan dilakukan perbaikan rumah masyarakat yang kondisinya tidak layak huni.

“Nanti akan kita perbaiki rumah-rumah yang tidak layak. Bahkan, juga akan dibangun rusun agar masyarakat kita di sini bisa hidup lebih baik, lingkungan lebih sehat dan nyaman. Pesan kami, kalau nanti ini sudah selesai, mohon dijaga dan dirawat serta dipelihara kebersihannya,” kata Muhadjir.

Usai peninjauan, Bobby Nasution dan Menko PMK juga menyerahkan bantuan pangan cadangan pangan pemerintah (BPCPP) untuk Februari bagi masyarakat penerima manfaat di Halaman Kantor Kelurahan Belawan Bahari. (reza)