Tingkatkan Mutu Pendidikan, Kesejahteraan Guru Honorer Harus Jadi Prioritas

0
38
Surianto
Surianto

 

MEDAN, kaldera.id – Wakil Ketua Komisi 2 DPRD Medan, Surianto meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan memprioritaskan pembayaran insentif guru honorer guna meningkatkan mutu pendidikan.

Berdasarkan data yang dimiliki Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan per 2021, jumlah guru honorer di SD Negeri dan SMP Negri sebanyak 2.537 orang, dan sekolah swasta Tk SD dan SMP tercatat 5.744 orang.

“Harusnya para guru ini menjadi prioritas dalam realisasi anggaran. Bagaimana mereka bisa mengajar dan mendidik anak sekolah dengan baik, jika ekonomi mereka pun sulit. Jika guru sejahtera, tentunya pendidikan anak-anak sekolah akan menjadi lebih baik,” ungkapnya kepada wartawan, kemarin.

Dia juga meminta jajaran Dinas Pendidkan dan Kebudayaan Kota Medan berbenah melakukan perbaikan dengan memiliki program-program yang strategis untuk meningkatkan mutu pendidikan. Apalagi sebentar lagi akan memasuki masa Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) dilanjutkan tahun pengajaran baru,

“Selain sarana dan prasarana yang harus ditingkatkan, sumber daya manusia yang terlibat langsung di dalam pelaksanaan pendidikan juga merupakan hal yang diperbaiki dalam sistem pendidikan di Kota Medan,,” jelasnya. (reza)