Mahasiswa UINSU Antar Sumut ke Final MTQN XXVIII Sumbar

Tim Fahmil Quran asal Sumut yang salah satunya diisi oleh Agung Permana (mahasiswa UINSU) saat bertanding di MTQN Sumbar. Mereka lolos ke babak final.(ist)
Tim Fahmil Quran asal Sumut yang salah satunya diisi oleh Agung Permana (mahasiswa UINSU) saat bertanding di MTQN Sumbar. Mereka lolos ke babak final.(ist)

PADANG, kaldera.id – Kafilah Sumatera Utara (Sumut) dinyatakan berhasil masuk babak final pada lima cabang dari delapan cabang yang ditandingkan di MTQN 2020 Sumatera Barat. Dua cabang diantaranya diantarkan oleh mahasiswa UIN Sumatera Utara.

“Alhamdulillah, hari ini kafilah kita bakal mengikuti babak final pada lima cabang dan enam golongan,” ujar Ketua II Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumut, Palit Muda Harahap, ketika melepas kafilah Sumut bertanding dalam babak final, di Pemondokan Kafilah Sumut di Hotel Ibis Padang, Jalan Taman Siswa Kota Padang, Kamis (19/11/2020).

Dikatakan Palit, adapun kelima cabang Kafilah Sumut yang berhasil masuk final yakni, cabang seni baca Alquran (Tilawah), Qira’atal Quran, Hafalan Alquran, Fahmil Alquran dan Kaligrafi Alquran.

Kafilah Sumut yang berhasil lolos masuk final, Hafiz Prananda Sofian Munte (golongan tilawah anak putra), Ahmad Khairi Novandra (golongan tilawah remaja putra), Ahmad Azro’i Hasibuan (golongan qiraat mujawaad dewasa putra).

Kemudian, Eva Irmayanti (golongan qiraat murattal remaja putri), Rizki Maulana (golongan hafalan 20 juz), Taufik Hasibuan (seni kaligrafi dekorasi), serta Muhammad Agung Permana, Muhammad Khairul Fahmi, Abdul Haris Assauri (ketiganya tim regu cabang Fahmil Quran putra).

Rizki Maulana (Final Hafalan 20 Juz) dan M Agung Permana (Final Fahmil Quran) merupakan mahasiswa Prodi Ilmu Al Quran dan Tafsir pada Fakultas Ushuluddin Studi Islam UINSU.

Disebutkan Palit, untuk sementara upaya maksimal yang sudah dilakukan Kafilah Sumut untuk masuk pada babak final telah menunjukkan prestasi yang baik. Diharapkannya Kafilah Sumut dapat meraih peringkat pertama dalam MTQ.

“Harapan kita tentu meraih prestasi yang terbaik. Marilah sama-sama kita doakan kafilah kita bisa memberikan penampilan terbaik,” papar Palit.(rel/finta)