Hindari Longsor Dan Banjir, Jokowi Adakan Penanaman Pohon Di NTB

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jakarta, kaldera.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kegiatan menanam pohon kayu putih dan buah-buahan di Gunung Pepe, Nusa Tenggara Barat (NTB). Jokowi menyampaikan hal ini dilakukan agar kedepannya dapat menghindari longsor dan banjir.

Berdasarkan keterangan pers dari Biro Pers, Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden, Sabtu (13/11/2021) Jokowi Mengatakan “Saya pesan ke masyarakat agar yang sudah ditanam ini dipelihara, dijaga, agar nantinya semuanya tumbuh dengan baik dan memberikan dampak ekonomi kepada seluruh masyarakat yang ada di sekitar Gunung Pepe ini,”.

Didampingi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dan Gubernur NTB Zulkieflimansya, Presiden Jokowi melakukan penanaman sejumlah pohon pada hari kedua kunjungan kerja di NTB.

Jokowi melakukan penanaman pohon bersama masyarakat di kawasan hutan Gunung Pepe Kelompok Hutan Mareje Bonga dan Gunung Pepe RTK 13 Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

“Saya minta agar penanaman pohon ini dijaga dengan baik hal ini akan bermanfaat untuk menjaga lingkungan kita agar terhindar dari longsor dan banjir,” ujar Jokowi.

Dalam video dari BPMI Setpres, tampak Jokowi memegang sekop saat menanam pohon kayu putih. Tampak Zulkieflimansyah menyirami pohon yang ditanam Jokowi.

Anak-anak ikut serta dalam penanaman pohon

Dalam kegiatan tersebut tampak antusias masyarakat yang tinggi, bukan hanya ibu-ibu dan bapak-bapak, namun terlihat anak-anak pun ikut serta dalam penanaman tersebut.

Setelah kegiatan menanam, Jokowi bersama rombongan menuju Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid untuk bertolak ke Papua. Jokowi akan lepas landas menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 08.30 Wita.

Jokowi diagendakan menyaksikan sejumlah pertandingan yang tengah berlangsung di Gelanggang Olahraga (GOR) Trikora dan GOR Cenderawasih, Kota Jayapura. Malam harinya, Jokowi akan menutup Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua Tahun 2021 yang digelar di Stadion Mandala, Kota Jayapura.

Jokowi akan bermalam di Kota Jayapura sebelum kembali ke Jakarta pada Minggu (14/11).

Dalam kunjungan kerja ini, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Deputi BPMI Setpres Bey Machmudin, serta Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia. (detik/ef)