Gus Irawan Apresiasi Kinerja BPKP Soal Rendahnya Kinerja Pemda

Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu
Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu

JAKARTA, kaldera.id- Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu mengapresiasi kinerja Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang cukup baik dan jumlah pengawasannya banyak. Namun di sisi lain, anggaran lembaga tersebut yang tergolong kecil, kata dia.

“Pada temuan-temuan BPKP juga bagus sebagai koreksi, evaluasi, masukan untuk pemerintah dan kita semua sebagai lembaga yang bertugas mengawasi bagaimana pemerintah menjalankan amanatnya,” ujar Gus Irawan Pasaribu kepada media, Selasa (8/2/2022).

Pandangan tersebut juga sesuai saat Komisi XI DPR RI mengadakan rapat dengar pendapat dengan BPKP beberapa hari yang lalu. Komisi XI menyoroti paparan BPKP yang menjelaskan evaluasi atas 18 pemerintah daerah. Data yang disampaikan BPKP menunjukkan sebesar 27,79 persen belanja pemda tidak efektif dan tidak efisien.

Sementara sebesar 1,86 persen efektif namun tidak efisien. Dan nilai anggaran yang dievaluasi sebesar Rp15,29 triliun. BPKP juga menyampaikan, 80,81 persen program pemda dirancang tidak tepat, tidak berorientasi hasil, tidak terukur, target tidak selaras. Kemudian untuk kegiatannya, hasil evaluasinya 83,22 persen kegiatan dirancang tidak tepat, tidak berorientasi hasil, tidak terukur, target tidak selaras.

“Jika dirata-rata evaluasi tersebut sejumlah 80 persen, maka yang tepat, selaras dan terukur itu hanya 20 persen dari program dan kegiatan 18 pemda ini. Hal-hal seperti ini perlu diangkat dan menjadi catatan penting agar pemerintah bisa melakukan perbaikan terhadap kondisi-kondisi seperti ini di masa mendatang,” ungkap Gus Irawan.

Komisi XI berharap BPKP teguh dalam komitmen yang selama ini sudah diperlihatkan. Menggarap pengawasan pada area penerapan manajemen risiko termasuk risiko fraud atau korupsi, meningkatkan pengawasan pada area-area dengan risiko tinggi dan mendorong perbaikan pengendalian internal secara berkelanjutan.

Pengawasan menurutnya merupakan salah satu instrument kunci untuk meminimalisir terjadinya fraud. Adapun BPKP diketahui memiliki sistem pengelolaan keuangan untuk desa yang telah berbasis web siskeudes (Sistem Keuangan Desa) dan juga menerapkan siswaskeudes (Sistem Pengawasan Keuangan Desa) dapat terimplementasikan dengan baik ketika siskeudes ini berjalan secara online.(rel/arn)