Telkom dan Bank Sumut Lakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Layanan Agree

PT Bank Sumut menjalin kerjasama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui penyediaan layanan agree untuk solusi layanan digital agrikultur terpadu ekosistem sektor pertanian secara digital.
PT Bank Sumut menjalin kerjasama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui penyediaan layanan agree untuk solusi layanan digital agrikultur terpadu ekosistem sektor pertanian secara digital.

 

JAKARTA, kaldera.id – PT Bank Sumut menjalin kerjasama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui penyediaan layanan agree untuk solusi layanan digital agrikultur terpadu ekosistem sektor pertanian secara digital.
Hal ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom, Teuku Muda Nanta dan Direktur Utama Bank Sumut Rahmat Fadillah Pohan tentang kerjasama dalam rangka pemanfaatan layanan agree, Rabu (19/10/2022).

Ruang lingkup kerja sama ini dalam rangka penyediaan platform agree untuk Bank Sumut, termasuk piloting implementasi pemanfaatan layanan platform agree, penyediaan panduan dan pelaksanaan operasional serta perawatan platform. Tujuan dari penandatanganan PKS ini adalah untuk meningkatkan kerjasama antara Telkom dan Bank Sumut yang saling menguntungkan dalam menunjang bisnis kedua belah pihak serta mendukung untuk pengembangan bisnis dan lainnya ke depannya.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah terjalin dengan baik selama ini antara Telkom dengan Bank Sumut. Dengan kapabilitas yang dimiliki, kami siap berkolaborasi untuk mendukung pengembangan ekosistem bagi UMKM yakni dengan mengintegrasikan ekosistem pasar, ekosistem desa dan ekosistem digital,” ujar Nanta.

 

Meningkatkan customer experience nasabah dan TelkomGroup

“Kedepannya, tren digitalisasi akan mampu meningkatkan customer experience nasabah dan TelkomGroup siap mendukung upaya Bank Sumut melalui digitalisasi, meningkatkan kerjasama antara Telkom dan Bank Sumut yang saling menguntungkan dalam menunjang bisnis kedua belah pihak serta mendukung untuk pengembangan bisnis lainnya,” tambah Nanta.

Direktur Utama Bank Sumut, Rahmat Fadillah Pohan dalam sambutannya menyampaikan dengan kerjasama pemanfaatan agree tersebut sejalan dengan komitmen Bank Sumut untuk mendorong perekonomian Sumatera Utara termasuk peningkatan hasil pertanian dan kesejahteraan petani melalui pembiayaan KUR.

Rahmat juga mengatakan Dengan pemanfaatan teknologi melalui aplikasi untuk pembiayaan KUR diharapkan juga dapat menumbuhkan kalangan petani millenial, meningkatkan akses literasi dan inklusi keuangan serta meningkatkan daya saing produk pertanian Sumatra Utara.

Melalui agree, Telkom juga berkomitmen menciptakan ekosistem pertanian digital yang terhubung dari hulu, produksi, sampai hilir pertanian dengan berkolaborasi bersama seluruh stakeholder di pertanian. Tidak hanya bergerak di sektor pertanian, Agree saat ini juga bergerak di sektor perikanan dan peternakan. Tercatat, sudah lebih dari 45 ribu petani dan lebih dari 100 perusahaan agribisnis tergabung dalam ekosistem agree.

Agree sendiri merupakan bagian dari leap, yakni umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia yang mengintegrasi 3 (tiga) fitur utama yaitu, agree partner, agree Modal dan agree Market. Dengan leap, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional, sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang.(red)